Ketahanan Informasi

Meneliti Efektivitas Layanan Branchless Banking, Mahasiswa UB Raih Best Presentation Diajang YSIS

Meneliti Efektivitas Layanan Branchless Banking, Mahasiswa UB Raih Best Presentation Diajang YSIS Tim PKM FEB UB Raih Best Presentation dalam YSIS 2019. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 09:09

TIMESINDONESIA, MALANGYSIS (Young Scientist International Seminar & Expo) digelar kembali dengan meriah untuk kedua kalinya pada Senin-Selasa (24/6/2019-25/6/2019). Meski masih memasuki tahun kedua, YSIS memberikan dampak yang sangat positif, karena berperan sebagai media untuk mempertemukan para inovator dari bermacam-macam background.

Pada kesempatan ini, Dita Meilana Sari (FEB UB 2017) yang beranggotakan Elok Riskika Putri (FEB UB 2017) dan Rahmat Hidayat (FISIP UB 2016) pun tidak ingin menyia-nyiakannya untuk menunjukkan hasil penelitiannya agar lebih dikenal dan memberikan manfaat lebih untuk masyarakat.

Mereka melakukan penelitian terhadap solusi Branchless Banking, apakah sudah efektif atau belum dalam meningkatkan inklusi keuangan. Sampai saat ini, tim sudah melaksanakan penelitian di lapangan untuk hasil kuantitatif dan tengah mempersiapkan Forum Group Discussion, monev internal, serta laporan kemajuan.

PKM-FEB-UB.jpg

Ketiga researcher ini melakukan penelitian atas dasar rendahnya tingkat inklusi keuangan di terutama dalam hal akses layanan keuangan, seperti menabung dan meminjam uang. Kemudian muncul solusi Branchless Banking dari pemerintah, yaitu program penyediaan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Dita dan kawan-kawannya berhasil mendapatkan Best Presentation  dalam YSIS 2019 rangkaian konferensi atas penelitian yang dilakukannya. Mereka berharap hasil penelitiannya juga mampu mengantarkan mereka menuju ajang PIMNAS 32.

“YSIS merupakan forum sebagai ajang untuk menampilkan kreativitas dan karya mahasiswa. Saya juga menyampaikan selamat kepada tim PKM FEB yg telah lolos pendanaan Dikti dan mendapatkan penghargaan dalam YSIS 2019. Saya berharap semoga Tim PKM FEB bisa berhasil menembus ajang bergengsi yakni PIMNAS 2019,” tutur Dr. Moh. Khusaini, SE., M.Si., MA selaku Wakil Dekan III FEB UB. (*)

Jurnalis : M Khusaini (CR-093)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration