Ketahanan Informasi

Hebat, Mahasiswa Universitas Brawijaya Raih Silver Medal dalam YSIS

Hebat, Mahasiswa Universitas Brawijaya Raih Silver Medal dalam YSIS Tim PKM FEB UB Raih Silver Medal dalam YSIS 2019. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 06:47

TIMESINDONESIA, MALANG – YSIS (Young Scientist International Seminar & Expo) kembali digelar dengan meriah. Event Internasional ini digagas oleh lingkar riset se- Universitas Brawijaya mengangkat tema “Young Scientist Contribution through Innovation of Science and Technology in Response to SDGs 2030”. Acara tahunan tersebut diselenggarakan selama dua hari pada Senin-Selasa (24/6/2019—25/6/2019).

Meski masih memasuki tahun kedua, kegiatan tersebut sangat memberikan dampak positif karena berperan sebagai media untuk mempertemukan para inovator dari bermacam-macam background. Salah satu diantaranya adalah kumpulan inovator muda dari Universitas Brawijaya yang terdiri dari Andre Novian Megantara (FEB UB 2016), Rina Ervina (FEB 2016), Alfany Arga Alil Fiqri (FEB UB 2018), Qurrotu A’yun Nafidah (FMIPA UB 2016), dan Mar’atul Qibtiyah (FTP 2018).

Tim-PKM-FEB.jpg

Setelah mengetahui bahwa UMKM di Indonesia mampu menyumbang lebih dari 50% GDP dan menyerap banyak tenaga kerja, akan tetapi masih memiliki beberapa kendala dalam perkembangannya. Mereka berinisiatif untuk membangun UMKMOVEMENT, yaitu layanan jasa yang terfokus pada branding produk UMKM melalui advertising, baik melalui facebook ads atau instagram ads. Selain itu UMKMOVEMENT juga memberikan strategic planner yang bersifat longterm dan penyusunan laporan keuangan sederhana untuk meningkatkan literasi keuangan.

Dengan memanfaatkan moment digitalisasi saat ini diharapkan agar mampu bersaing di level pasar yang lebih tinggi. Tidak disangka, solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permaslahan UMKM tersebut ternyata mampu membuat mereka memperoleh penghargaan Silver Medal Best Innovation dalam YSIS 2019.

“Semoga usaha ini tetap berlanjut dan dapat melangkah ke jenjang yang lebih profesional dari segi pelayanan, advance, teknologi, dan pengembangan ke marketing,” ujar Rina. Atas prestasi Andre dan kawan-kawannya, Dr. Moh. Khusaini, SE., M.Si., MA selaku Wakil Dekan III FEB Universitas Brawijaya turut bangga. Ia juga berharap agar nantinya mereka berhasil menembus ajang bergengsi, yakni PIMNAS 32. (*)

Jurnalis : M Khusaini (CR-093)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration