Peristiwa - Daerah

Pameran Pertumbuhan Hijau dan Berkelanjutan, Tampilkan Pembangunan Daerah Berbasis Lingkungan

Pameran Pertumbuhan Hijau dan Berkelanjutan, Tampilkan Pembangunan Daerah Berbasis Lingkungan Pembukaan Indonesia Green Growth and Sustainability Expo 2019. (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 11:55

TIMESINDONESIA, MALANGPemerintah Kota Malang bersama dengan Universitas Negeri Malang (UM) menggelar acara “Indonesia Green Growth and Sustainability Expo 2019”, Rabu (26/6/2019). Pemeran ini merupakan ajang dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan pameran lingkungan ini penting untuk perluasan informasi dan edukasi dengan mempromosikan produk industri dan jasa berbasis pembangunan ekonomi hijau.

"Isu lingkungan ini sangat penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan kehidupan masyarakat ke depan," kata Sutiaji, dalam pembukaan pameran Pertumbuhan Hijau dan Berkelanjutan, di Graha Cakrawala, UM, Kota Malang.

Indonesia-Green-Growth2.jpg

Sutiaji berharap dalam acar ini, ada percepatan penyebaran informasi terkait pertumbuhan hijau dan keberlanjutan akan terjadi di Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan global perubahan iklim dan kompetisi

pertumbuhan ekonomi antar negara.

Sementara itu, Ketua Panitia Dicky Edwin Windarto menyebutkan pameran ini akan berlangsung 26-28 Juni 2019. Pemilihan Kota Malang sebagai tempat pertama ini dilakukannya kegiatan karena Malang adalah Kota Pendidikan.

Indonesia-Green-Growth3.jpg

Ia menyebutkan gagasan penyelenggaraan acara ini muncul sebagai respon dan keprihatinan tentang konsekuensi sosial, lingkungan dan ekonomi yang tidak diinginkan akibat pertumbuhan penduduk yang cepat. Pertumbuhan ekonomi dan konsumsi sumber daya alam serta ancaman pemanasan global perubahan iklim.

“Green Growth dan Sustainability kedua kutub tersebut memiliki jalinan erat dalam implementasinya, dengan pemahaman bahwa pertumbuhan ekonomi yang kuat, namun juga ramah lingkungan, serta inklusif secara sosial," katanya.

Ia mengungkapkan pertumbuhan hijau merupakan suatu gerakan terkoordinir yang terdiri dari pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, penurunan tingkat kemiskinan dan keterlibatan sosial yang didorong oleh pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan. Pembangunan hijau ini harus diperhatikan oleh Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota Malang. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration