Olahraga

Belanda Maju Perempat Final Piala Dunia Wanita 2019

Belanda Maju Perempat Final Piala Dunia Wanita 2019 Pemaim Timnas Belanda meluapkan kegembiraannya setelah mengalahkan Jepang 2-1. (FOTO: FIFA-Getty Images)
Rabu, 26 Juni 2019 - 07:55

TIMESINDONESIA, JAKARTABelanda melengkapi tujuh negara benua Eropa dari delapan peserta Perempat Final Piala Dunia Wanita 2019 setelah Rabu (26/6/209) dini hari tadi memgalahkan Jepang 2-1 di stadion Roazhon Park, Rennes, Perancis.

Pasukan oranye asuhan Sarina Wiegman ini akan bertemu Italia di Perempat Final Piala Dunia Wanita 2019. Seperti diketahui, 3 jam sebelumnya,  Italia telah mengkandaskan China 2-0.

Memang cukup melelahkan bagi Belanda harus memastikan diri ke perempat final saat menghadapi Jepang tadi. Sebab anak buah Asako Takakura ternyata juga agresif mengimbangi permainan Lieke Martens dan kawan-kawannya.

Dua gol disumbangkan Lieke Martens pada menit ke 17 dan dari titik putih penghujung pertandingan pada menit ke 90 setelah wasit mengetahui kapten Jepang, Saki Kumagai menahan menggunakan tangan tendangan Vivianne Miedema di area terlarang. Lieke Martens sebagai algojonya berhasil menyarangkan bola ke mistar Ayaka Yamashita.

Belanda menjadi tim terakhir yang berhasil mengikuti jejak tim benua Eropa lainnya ke perempat final. Dari delapan peserta di perempat final Piala Dunia Wanita 2019, hanya Amerika Serikat saja yang akan ikut bertarung disitu. Tujuh lainnya dari Eropa, yakni Jerman, Swedia, Norwegia, Inggris, Perancis, Italia dan Belanda.

Jepang.jpg

Ribuan penonton yang memadati stadion Roazhon Park, Rennes, Perancis menjadi saksi bagaimana upaya keras Belanda menundukkan Jepang.

Sebab perlawanan Jepang sempat membuahkan hasil dan menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke 43 lewat tendangan Yui Hasegawa. Bahkan Belanda sempat kuwalahan juga ketika Jepang balik mengambil inisiatif menyerang dan mengepung pertahanannya, dan kedudukan sama itu berlangsung hingga babak pertama usai.

Babak kedua, dua tim sama-sama melakukan gebrakan. Bahkan permainan menjadi menarik karena keduanya sama-sama memiliki peluang emas.

Pada menit ke 80, misalnya, Jepang sebenarnya mendapatkan peluang emas ketika tendangan keras Yuka Momiki dari dalam kotak pinalti namun berhasil dihalau Sari van Veenendaal. Penjaga gawang Belanda ini memang tampil gemilang dini hari tadi.

Bahkan beberapa menit kemudian, gawang Sari van Veenendaal nyaris tertusuk bola. Beruntung tendangan keras Narumi Miura waktu itu terbang tipis di atas mistar gawang Belanda.

Namun dalam pertandingan Piala Dunia Wanita 2019 ini, Belanda tetap tak terkalahkan karena dipenghujung pertandingan, masa injury time, mendapat hadiah pinalti setelah ada pelanggaran di area terlarang sehingga berhasil mengalahkan Jepang 2-1. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration