Kesehatan

Yuk, Jaga Kesehatan Tulang dengan Makanan Sehat Ini

Rabu, 26 Juni 2019 - 04:22 | 76.26k
ILUSTRASI - Manfaat Ikan salmon untuk Kesehatan Tulang. (FOTO: cookingclassy.com)
ILUSTRASI - Manfaat Ikan salmon untuk Kesehatan Tulang. (FOTO: cookingclassy.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan tulang biasanya dilakukan lewat olahraga dan minum susu. Akan tetapi, ada cara lain untuk membuat tulang Anda tetap baik, yakni lewat pilihan makanan sehat yang Anda konsumsi. Jika makanan Anda baik, tulang akan baik. Berikut ini beberapa makanan untuk menunjang kesehatan tulang Anda.

1. Sayuran berwarna gelap

Satu pilihan bagus adalah sayuran berdaun gelap seperti pok choy, collard, dan lobak. Anda harus tahu, satu cangkir lobak hijau yang dimasak memiliki sekitar 200 miligram kalsium (20% dari target harian Anda). Selain itu, sayuran hijau gelap juga mengandung vitamin K, yang dapat mengurangi risiko Anda terkena osteoporosis.

2. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung magnesium dan kalium yang penting untuk tulang. Memakan ubi jalar ukuran sedang tanpa garam, yang memiliki 31 miligram magnesium dan 542 miligram kalium.

3. Jeruk bali

Tambahkan jeruk dalam diet Anda. Buah jeruk diketahui memiliki vitamin C, yang telah terbukti membantu mencegah keropos tulang. Satu jeruk, terutama jeruk  bali merah muda atau merah utuh mengandung sekitar 91 miligram vitamin C, memberi Anda jumlah yang Anda butuhkan sepanjang hari.

4. Ikan salmon

Salmon dan jenis ikan berlemak lainnya menawarkan beragam nutrisi penambah tulang. Jenis ikan tersebut mengandung vitamin D, yang membantu tubuh Anda mendapatkan kalsium, dan asam lemak omega-3, yang juga dapat membantu tulang.

5. Tahu

Tahu adalah makanan andalan dalam masakan Asia karena kandungan nutrisinya. Setengah cangkir tahu mengandung lebih dari 800 miligram kalsium. Tahu juga memiliki manfaat membangun tulang lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai – bahan utama tahu – bermanfaat dalam menangkal penyakit tulang pada wanita setelah menopause.

6. Buah plum kering

Mirip dengan anggur, buah plum bagus bagi Anda yang ingin memperkuat tulang. Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi buah plum kering setiap hari dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda dengan memperlambat kerusakan tulang di tubuh Anda.

Itulah makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda. Jangan sepelekan kondisi kesehatan tulang Anda, jika mengalami gangguan kesehatan, aktivitas Anda akan terhambat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES