Gaya Hidup

Air Es Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah

Rabu, 26 Juni 2019 - 03:53 | 108.51k
ILUSTRASI - Minum Air Es. (FOTO: Istimewa)
ILUSTRASI - Minum Air Es. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Air dibutuhkan oleh semua sel, jaringan, dan organ di dalam tubuh agar mampu berfungsi dengan baik. Minum air yang cukup juga penting untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, minum banyak air putih atau air es sebelum makan akan membuat Anda cepat kenyang dan makan lebih sedikit, sehingga berat badan dapat turun. Benarkah air es bisa menurunkan berat badan?

Minum air es membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menghangatkan air yang masuk ke dalam tubuh, dengan cara membakar kalori untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk membantu mengurangi berat badan, Anda dianjurkan minum satu gelas air putih atau air es sebelum makan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin minum 0,5 liter air setengah jam sebelum makan bisa membuat tubuh kehilangan sekitar 44% berat tubuh awal. Akan tetapi, efek ini tidak berpengaruh besar dalam komposisi jaringan lemak tubuh dalam jangka panjang.

Dengan kata lain, efektivitas manfaat air es untuk menurunkan berat badan masih perlu dikaji lebih lanjut.

Air es memang dipercaya dapat menurunkan berat badan. Akan tetapi, untuk mencapai berat badan yang diinginkan, Anda tetap perlu rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur, serta menjauhi makanan dan minuman manis, juga makanan berlemak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES