Gaya Hidup

Lima Tips Belanja Online Tanpa Kecewa

Lima Tips Belanja Online Tanpa Kecewa ILUSTRASI - Belanja Online. (FOTO: MoneySmart)
Rabu, 26 Juni 2019 - 06:57

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keberadaan toko online (online shop) memudahkan konsumen dalam membeli barang tanpa harus mendatangi toko fisik. Namun, meski menawarkan berbagai kemudahan bukan berarti belanja online tidak memiliki kelemahan.

Contohnya saat berbelanja baju. Ada kalanya, baju tidak sesuai ukuran, warnanya tidak seperti di gambar atau pengirimannya yang lambat dan lain sebagainya. Terkadang, pakaian baru yang sudah dibeli tampak kurang cocok saat dicoba setelah pesanan sampai di rumah.

Salah satu pedagang busana di salah satu e-commerce dengan akun kafka.project, Friska memberikan tips agar berbelanja busana benar-benar disukai dan cocok saat dicoba di rumah.

Pertama, pastikan ukuran baju mencakup ukuran, lingkar dada, pinggang, dan panjang baju. Dengan begitu bisa diketahui apakah baju dimaksud sesuai dengan tubuh atau tidak.

"Ukuran S, M, L, dan XL setiap brand bisa berbeda-beda. Jangan langsung menyimpulkan suatu ukuran tertentu sesuai dengan tubuh kamu," katanya.

Kedua, perhatikan ulasan pembeli sebelumnya. Meski sudah terpikat dengan salah satu busana atau barang yang dituju di website e-commerce, perhatikan komentar-komentarnya. Apakah para pembeli sebelumnya itu mengeluhkan barang di toko daring atau sebaliknya menunjukkan kepuasan.

"Memperhatikan komentar dapat membatu kamu menilai tentang barang yang dijual oleh online shop tersebut," kata Friska.

Ketiga, memilih bahan baju yang dituju. Jangan tergoda oleh gambar yang disajikan pemilik toko daring. Cari tahu, apakah bahannya sesuai dengan yang diinginkan atau tidak.

Keempat, memperhatikan persyaratan-persyaratannya. Jika barang tidak sesuai, apakah boleh dikembalikan atau menukar dengan barang yang lain, atau pengembalian uang jika barang tak tersedia.

"Jangka waktu pengiriman hingga sampai ke tangan pembeli juga harus diperhatikan," katanya.

Kelima, bersiap menerima kenyataan bahwa busana yang dipesan melalui toko online memang terkadang berbeda dengan warna baju di layar gadget atau komputer. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

Komentar

Loading...
Registration