Ekonomi

Suhu Dingin Turunkan Produktivitas Ikan Cupang di Kediri

Selasa, 25 Juni 2019 - 17:37 | 414.21k
Lokasi budidaya ikan cupang Tirta Jaya Kediri (FOTO: Muh.Rofii/TIMES Indonesia)
Lokasi budidaya ikan cupang Tirta Jaya Kediri (FOTO: Muh.Rofii/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRISuhu dingin yang terjadi saat ini dikhawatirkan dapat menyebabkan turunnya produktivitas ikan budi daya di wilayah Kediri, Jawa Timur. Bukan hanya ikan konsumsi, suhu dingin juga bisa mengganggu pada ikan hias seperti ikan cupang.

Andi, ketua kelompok pembibitan dan budidaya ikan Tirta jaya mengatakan, suhu merupakan faktor penting dalam usaha budidaya ikan.

"Musim seperti ini rawan terhadap penyakit, pada ikan dewasa banyak yang mengalami luka luka pada tubuh ikan, seperti luka kulit terbakar," jelas Andi, Selasa (25/6/2019).

Ia juga menjelaskan, hal semacam ini sudah terjadi dari awal cuaca dingin tahun ini. Pada tahun sebelumnya kondisi seperti ini tidak sempat terjadi.

Bukan itu saja, lanjut Andi, suhu dingin juga menyebabkan menurunnya produksi pada usaha pembenihan ikan, termasuk ikan cupang. Suhu air yang dingin akan menghambat pemijahan telur sehingga produksi benih juga akan terganggu. Padahal, saat ini Kediri sudah menjadi sentra produksi benih ikan cupang di Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES