Ketahanan Informasi

Karya Mahasiswa Unair Surabaya Raih Medali di Thailand, Apa Namanya?

Karya Mahasiswa Unair Surabaya Raih Medali di Thailand, Apa Namanya? AFFAN setelah menjadi juara dua dalam IMIT SIC 2019 di Thailand. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Selasa, 25 Juni 2019 - 13:35

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Affandy Fahrizain mahasiswa Sistem Indormasi (SI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair Surabaya berhasil meraih Juara II dalam ajang jang International Malaysia-Indonesia-Thailand Symposium on Innovation and Creativity (IMIT SIC).

Affan, berhasil mendapat medali perak karena gagasannya membuat sebuah aplikasi yang diberi nama Agri Tech: Agriculture Marketing for Millenial Farmers in Indonesia Based on Android. Sesuai dengan judulnya, aplikasi itu dapat diaplikasikan melalui gawai.

Affan mengungkapkan bahwa munculnya Agri Tech didasari oleh masalah yang dialami petani saat ini. Petani saat ini masih menjual hasil panennya melalui tengkulak. Tengkulak yang memainkan harga membuat hasil yang didapat petani tidak sesuai dengan harga pasaran.

AFFAN-Unair.jpgAFFAN dengan poster Agri Tech saat berada di Thailand dalam kompetisi IMIT SIC 2019.

“Masalah petani membuat saya termotivasi membuat Agri Tech agar petani langsung menjual hasil panen kepada pembeli,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa harga yang dipatok pada aplikasi dapat diatur oleh petani. Petani dan calon pembeli dapat melakukan transaksi di aplikasi tersebut. Calon pembeli yang ingin membeli hasil panen petani dapat mengakses aplikasi Agri Store yang sudah tersedia di playstore.

Tidak hanya menjual hasil panen, petani juga dapat menjual bibit, pupuk, cangkul, dan peralatan pertanian di Agri Store. Kemudahan dalam menjual peralatan pertanian ini juga mendukung kesejahteraan petani di era revolusi industri 4.0.

Jurnalis : Dr. Suko Widodo (CR-135)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Surabaya

Komentar

Registration