Ekonomi

Kebun Kopi Karanganyar Amazing Blitar Hasilkan 150 Ton Kopi Setahun

Kebun Kopi Karanganyar Amazing Blitar Hasilkan 150 Ton Kopi Setahun Seorang karyawan kebun kopi karanganyar sedang memanggang kopi. (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia )
Selasa, 25 Juni 2019 - 11:21

TIMESINDONESIA, BLITARKebun Kopi Karanganyar yang berada di Kabupaten Amazing Blitar mampu menghasilkan 150 Ton kopi dalam setahun. 

Wima Brahmantya, Direktur Kebun Kopi Karanganyar menjelaskan,  jumlah itu dihasilkan dari kopi yang ditanam di 60 hektar kebun kopi di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Namun menurutnya jumlah itu sangat kecil dibandingkan waktu kakeknya masih menjadi karyawan kebun kopi Karanganyar pada masa sebelum kemerdekaan Republik Indonesia.

"Angka tersebut sangat kecil dibandingkan jaman Mbah saya dulu yang mencapai seribu ton," katanya Selasa (25/6/2019).

Wima menambahkan, luas keseluruhan kebun kopi Karanganyar adalah 250 hektar. 60 Hektar ditanami kopi, sisanya berupa tanaman pohon cengkeh dan durian. Di kebunnya terdapat dua jenis kopi yaitu Robusta dan Ekselsa, jenis robusta menjadi jenis mayoritas di kebunnya itu.

"90 % robusta. Kami sudah memiliki brand premium the Karanganjar coffe yang sachet namanya kopi warak," tambah Wira.

Saat ini, manajemen perkebunan kebun kopi Karanganyar sedang melakukan pembibitan kopi untuk ditanam menggantikan beberapa pohon kopi yang rusak. Wima mengatakan, saat dia masuk menjadi direktur perkebunan, pohon kopi  sudah banyak yang rusak dan perlu di replanting .

"Anda lihat dibeberapa tempat ada pembibitan nanti kalau sudah siap, ditanam lagi dilahan yang perlu ditanami," ujarnya.

Terkait pasar penjualan kopi produk kebun Karanganyar, Wima menyatakan, kopi Karanganyar sudah mulai merambah pasar nasional. Ke depannya kalau kuota  sudah mencukupi dia akan mengekspor.

"Kami sudah mengirimkan ke luar negeri beberapa kali artinya pesanan perorangan kolektor kopi tapi kalau dalam jumlah besar belum," jelas Wima Brahmantya Direktur Kebun Kopi Karanganyar Amazing Blitar(*)

Jurnalis : Muhammad Sholeh
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

Komentar

Loading...
Registration