Indonesia Positif

Koramil Jenggawah Gelar Minggu Militer Kodim 0824 Jember

Senin, 24 Juni 2019 - 12:15 | 127.53k
Minggu Militer Kodim 0824/Jember dilapangan Jenggawah. Minggu Militer Kodim 0824/Jember dilapangan Jenggawah. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Minggu Militer Kodim 0824/Jember dilapangan Jenggawah. Minggu Militer Kodim 0824/Jember dilapangan Jenggawah. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Minggu Militer merupakan latihan program yang selalu dilaksanakan oleh seluruh satuan kewilayahan, termasuk Kodim 0824 Jember di setiap bulan pada minggu keempat dengan melibatkan seluruh personeli militer.

Seperti yang dilakukan di Kodim 0824 Jember guna meminimalisir resiko perjalanan anggota sehingga pelaksanaannya dilakukan dengan membagi menjadi 2 wilayah yaitu Koramil Wilayah Timur dan Koramil Wilayah Barat.

Untuk Koramil Wilayah Timur beranggotakan Koramil Patrang, Koramil Arjasa, Koramil Kalisat, Koramil Sukowono, Koramil Sumberjambe, Koramil Ledokombo, Koramil Silo, Koramil Mayang, Koramil Tempurejo, Koramil Mumbulsari, Koramil Sumbersari, Koramil Kaliwates, Koramil Jelbuk, Pos Koramil Pakusari, dan Pos Koramil Sukorambi.          

Minggu-Militer-Kodim-di-Lapangan.jpg

Sedangkan Koramil Wilayah Barat diantaranya Koramil Rambipuji, Koramil Panti, Koramil Bangsalsari, Koramil Tanggul, Koramil Sumberbaru, Koramil Kencong, Koramil Umbulsari, Koramil Gumukmas, Koramil Puger, Koramil Balung, Koramil Wuluhan, Koramil Ambulu, Kormil Jenggawah, Koramil  Jombang, Pos Koramil Ajung, dan Pos Koramil Semboro.

Pada Senin (24/6/2019) dilaksanakan Minggu Militer Kodim 0824 Jember Wilayah Barat yang diikuti oleh 170 orang. Dengan materi kegiatan di antaranya Senam Pagi, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan materi ruangan Komunikasi Sosial, kegiatan dipusatkan di Lapangan Jenggawah wilayah Koramil 0824/25 Jenggawah.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Para Komandan Koramil Wilayah Barat, Kepala Staf Kodim 0824 Jember Mayor Inf Sampak dan Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0824 Jember Kapten Inf Jarwo Adi Purnomo.

Minggu-Militer-Kodim-di-Lapangan2.jpg

Apel pagi peserta diambil oleh Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0824 Jember Kapten Inf Jarwo Adi Purnomo yang menyampikan materi Minggu Militer kali ini di antaranya PBB, Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Tata Upacara Militer (TUM) dan Tata Upacara Sekolah (TUS) serta materi tambahan Komunikasi Sosial, kemudian pelaksanaan Minggu Militer Wilayah Barat ini dilakukan 2 hari yaitu pada hari ini dan besok.

Selanjutnya peserta melaksanakan senam pagi dipimpin oleh Pelda Subaidi dan latihan PBB dengan Pemateri Kapten Inf Hendro Nurdin S. dan Bintara Pelatih Serma Mukti Ali, Kemudian Kepala Staf Kodim 0824 Jember Mayor Inf Sampak yang memberikan materi ruangan dengan judul Komunikasi Sosial (Komsos), mengajak seluruh personel yang hadir untuk mengikuti semua program satuan, untamanya pelatihan-pelatihan sepoerti Minggu Militer ini sebagai bagian dari kebutuhan, untuk bekal dalam menjalankan tugas-tugas kewilayahan.

Dalam materinya Mayor Inf Sampak menyampaikan kita-kiat dalam berkomunikasi sosial baik dengan orang-perorangan maupun dengan kelompok elemen masyarakat, komunikasi sosial adalah bagian dari metode Pembinaan Teritorial. 

"Sehingga komunikasi sosial yang diselenggarakan dengan baik antara aparat kewilayahan, baik Komandan Koramil maupun Bintara Pembina Desa (Babinsa), akan menentukan keberhasilan dalam upaya pembinaan teritorial di wilayah," terang Kepala Staf Kodim 0824 Jember tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES