Indonesia Positif

Manfaatkan Kulit Kakao, Mahasiswa FST Unair Surabaya Mampu Turunkan Pencemaran Logam Berat Timbal

Senin, 24 Juni 2019 - 09:05 | 87.26k
Anggota tim PKM dari prodi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga yang melakukan penelitian mengenai kulit buah cokelat sebagai adsorben yang mampu menyerap kandungan logam Pb (II) dalam air. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Anggota tim PKM dari prodi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga yang melakukan penelitian mengenai kulit buah cokelat sebagai adsorben yang mampu menyerap kandungan logam Pb (II) dalam air. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Penelitian mengenai kulit buah cokelat sebagai adsorben yang mampu menyerap kandungan logam Pb (II) dalam air dilakukan oleh mahasiswa Unair Surabaya.

Penelitian dilakukan oleh mahasiswa prodi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi, diantaranya Mega soekarno S, Rifqi Wisnu P, dan Niswatun Indana Jariyah.

Penelitian di bawah bimbingan dari Dr. Eko Prasetyo K, S.T., DEA itu menjadi salah satu proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berhasil mewakili UNAIR sebagai PKM yang didanai Kemristek Dikti.

Mega menjelaskan Timbal (Pb) merupakan salah satu jenis logam berat yang sering juga disebut dengan istilah timah hitam. Timbal merupakan salah satu logam berat yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup karena bersifat karsinogenik, dapat menyebabkan mutasi, terurai dalam jangka waktu yang lama dan toksisistasnya cenderung tidak berubah.

Untuk mengatasi hal itu, mahasiswa prodi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga berhasil melakukan penelitian mengenai kulit buah cokelat sebagai adsorben yang mampu menyerap kandungan logam Pb (II) dalam air. Penelitian itu merupakan salah satu proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berhasil mewakili UNAIR sebagai PKM yang didanai Kemristek Dikti.

Mahasiswa-FST-Unair-Surabaya4.jpg

Penelitian dilakukan dengan menggunakan air sampel yang diambil dari sumur warga desa banjardowo, Jombang. Lokasi penelitian terletak di dekat tempat pembuangan akhir (TPA) banjardowo yang berpotensi menyebabkan pencemaran limbah logam berat salah satunya logam timbal (Pb). Penelitian ini dilakukan oleh Mega Soekarno S, Rifqi Wisnu P, dan Niswatun Indana Jariyah dengan bimbingan dari Dr. Eko Prasetyo K, S.T., DEA.

Mega sapaan akrab ketua tim mengatakan bahwa sehari-hari warga sekitar TPA Banjardowo Jombang, memanfaatkan air sumur untuk kebutuhan pokok seperi makan, minum, dan mencuci. Air sumur berpotensi besar terkena rembesan air dari TPA sehingga perlu di teliti kandungan logam berat yang ada di dalam air sumur tersebut.

“Lokasi rumah warga dengan TPA sangat dekat dan warga lebih memilih air sumur dari pada akses air PDAM, kalau airnya mengandung logam berat timbal maka dapat membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang,” ujarnya.

Menambahkan pernyataan Mega, salah satu anggota tim Rifqi mengatakan bahwa kulit buah cokelat berdasarkan pelitian sebelumnya memiliki kandungan protein, selulosa, pektin dan lignin sehingga berpotensi mengikat logam berat seperti logam timbal (Pb) dari larutan.

Industri pengolahan biji cokelat, lanjutnya, menghasilkan limbah kulit buah cokelat mencapai 75% dari total produksi buah cokelat sehingga potensi timbulan sampah kulit buah cokelat yang tidak termanfaatkan dan terbuang begitu saja akan tinggi.

“Harapannya bisa menemukan solusi yang murah dan efisien untuk mengurangi kadar logam berat di sumur warga,” ungkap Rifqi.

Dari penelitian yang dilakukan oleh tiga mahasiswa Teknik lingkungan FST Unair Surabaya itu, lanjutnya, diharapkan dapat menemukan solusi baru memanfaatkan kulit buah cokelat sebagai adsorben logam berat Pb(II) sehingga kulit buah cokelat dapat dimanfaatkan lebih lanjut untuk memberikan solusi bahan alternatif pengolahan air tanah yang tercemar logam berat timbal (Pb) dari pada tidak termanfaatkan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES