Peristiwa Daerah

Ubah Taraf Hidup, Puluhan Waria Ikuti Pelatihan Kerajinan 

Senin, 24 Juni 2019 - 17:57 | 134.27k
Ilustrasi Puluhan Waria Ikuti Pelatihan Kerajinan (FOTO: Istimewa)
Ilustrasi Puluhan Waria Ikuti Pelatihan Kerajinan (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 35 waria mengikuti pelatihan pengembangan ekonomi LKMTD (Lemah, Kecil, Miskin, Tertindas, dan Disabilitas) yang digelar Lembaga Daya Dharma Keuskupan Agung Jakarta (LDD KAJ) bekerjasama dengan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Sebagian besar para waria tersebut berprofesi sebagai pengamen jalanan, bahkan beberapa diantaranya tidak memiliki KTP, dan tidak diterima oleh keluarganya.

“Selain pembekalan keterampilan, kami juga akan memberikan pembinaan dan bimbingan demi peningkatan kualitas hidup dan mendapatkan peluang lapangan pekerjaan yang lebih baik,” kata Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, Senin (24/06/2019).

Dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di di Aula Ignatius, Lantai 3, Gedung LDD, Katedral, Jakarta Pusat itu,  PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul juga memberikan sumbangan kepada LDD-KAJ. “Sumbangan ini merupakan dukungan dalam peningkatan program pengembangan ekonomi LKMTD (Lemah, Kecil, Miskin, Tertindas, dan Disabilitas) warga dampingan LDD-KAJ,” ujarnya.

Secara simbolis sumbangan senilai Rp150juta diserahkan oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Direktur Pelaksana LDD-KAJ P. Christoforus Kristiono Puspo, SJ, disaksikan Pembina Yayasan LDD-KAJ Romo P. Al. Andang L. Binawan, SJ. Sumbangan itu nantinya akan dimanfaatkan untuk membeli alat-alat sebagai fasilitas untuk melakukan kegiatan usaha sesuai bidang yang akan digeluti, seperti tata rias, tata boga, kerajinan tangan, tarian, dan lainnya. 

“Sumbangan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kaum marginal termasuk waria ini. Kebanyakan dari mereka berasal dari jalanan dan dipandang sebelah mata. Demi meningkatkan taraf hidup mereka, kami akan membiayai berbagai peralatan keterampilan untuk menunjang aktivitas pelatihan para waria,” tutur Irwan. 

LDD-KAJ adalah sebuah lembaga pelayanan sosial milik Keuskupan Agung Jakarta dan lembaga ini bertujuan melayani kebutuhan utama kaum miskin. LDD-KAJ juga berupaya menanggulangi penyebab kemiskinan dengan berbagai biro pelayanan, seperti Biro Gedung Karya Sosial, Pelayanan Buruh, Kesejahteraan Anak, Masyarakat, dan Penyandang Disabilitas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES