Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Ini Cara UWG Malang Tingkatkan Keterampilan Dosen

Ini Cara UWG Malang Tingkatkan Keterampilan Dosen Ini Cara UWG Malang Tingkatkan Keterampilan Dosen
Senin, 24 Juni 2019 - 08:15

TIMESINDONESIA, MALANG – Kampus Inovasi UWG Malang terus berupaya dalam meningkatkan kualitas dosen. Kali ini bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang mendapat giliran pencerahan dari tiga bidang tri darma perguruan tinggi yang menjadi kewajiban para dosen.

Pada 21-22 Juni 2019, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UWG mengadakan Workshop Penulisan Artikel untuk Jurnal Internasional Bereputasi.  

Acara yang diselenggarakan di Auditorium Kampus III ini diikuti oleh 75 orang dosen di lingkungan Universitas Widyagama Malang dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksakta dan kelompok sosial.

UWG-Malang-Tingkatkan-Keterampilan-Dosen2.jpg

Ketua Pusat Penelitian LPPM UWG, Ir. Gigih Priyandoko, MT, PhD dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan para dosen dalam menulis artikel ilmiah. Tujuannya  untuk publikasi internasional bereputasi sebagai bagian penting dari luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang juga penting dalam rangka pengajuan kenaikan kepangkatan dosen.

Dosen Program Studi Teknik Informatika yang menyelesaikan studi S3 nya di Malaysia ini menyayangkan bahwa tidak seluruh dosen berminat mengikuti kegiatan ini.

“Tidak semua dosen memanfaatkan kesempatan baik yang kami siapkan, hanya 80% yang mendaftar. Tetapi kami tidak berkecil hati, dan berharap yang 80% inilah yang benar-benar serius untuk maju dan ikut memajukan lembaga ini,” jelas Gigih.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendukung kegiatan UWG beberapa waktu yang akan datang, yaitu penyelenggaraan Seminar Nasional dan Internasional CIASTECH-2 dan ICIASTCEH 2019,” imbuh pria murah senyum ini.

UWG-Malang-Tingkatkan-Keterampilan-Dosen3.jpg

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Wakil Rektor I UWG yang sekaligus merangkap Ketu a LPPM UWG, Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS berharap para peserta benar-benar mengimplementasikan ilmu hasil dari workshop ini dalam bentuk artikel ilmiah yang ditujukan pada publikasi internasional bereputasi.

“Workshop ini adalah bagian dari upaya untuk membangun kampus yang bereputasi melalui peningkatan profesionalisme para dosennya. Saya berharap, hasil kegiatan ini dapat terwujud pada tahun 2020, yaitu meningkatnya luaran publikasi ilmiah internasional bereputasi dari dosen-dosen UWG. Paling tidak 50% peserta workshop ini, artikelnya terpublikasi secara internasional bereputasi, sebagai penulis pertama. Bila ini terwujud, saya siapkan pesta bakso di UWG,” janji dosen Program Studi Teknologi Hasil Pertanian yang di kampus dikenal dengan olahan baksonya, yang langsung disambut dengan tepuk tangan meriah dari seluruh peserta.

Workshop ini mendatangkan dua narasumber yaitu Dr. (Eng) Sunu Wibirama, ST, MEng dan Dr. (Eng) Titis Wijayanto, ST, MDes, yang keduanya berasal dari UGM.  

Dua narasumber ini memang pilihan yang tepat untuk mengisi workwhop di UWG Malang. Mengingat reputasinya pada jurnal internasional bereputasi terindeks scopus, disamping usianya yang masih relative muda. Cara dan semangatnya menyampaikan materi patut diacungi jempol dengan indikator seluruh peserta tetap bertahan sampai kegiatan hari pertama berakhir. (*)

Jurnalis : Santoso (CR-058)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration