Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Hari Kedua Workshop di UWG Malang, Antisasme Peserta Tak Surut

Hari Kedua Workshop di UWG Malang, Antisasme Peserta Tak Surut (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Senin, 24 Juni 2019 - 07:55

TIMESINDONESIA, MALANG – Workshop Pelatihan Artikel untuk Jurnal Internasional Bereputasi memasuki hari kedua, Senin (24/6/2019). Kegiatan yang digelar di Auditorium Kampus III Kampus Inovasi UWG Malang tetap menarik diikuti oleh para peserta dengan indikator jumlah peserta yang masih bertahan sebanyak hari pertama kemarin.

Hari ini tidak banyak materi teori yang disampaikan oleh narasumber, tetapi lebih kepada bagaimana menuangkan ide tulisan dalam micromanuscript.

Sampai dengan menjelang istirahat siang, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk menuangkan ide tulisan dalam micromanuscript, sebagaimana format yang sudah ada.  Setelah istirahat siang, acara dilanjutkan dengan presentasi.

Workshop-di-UWG-Malang2.jpg

Nova Risdianto Ismail, ST, MT, dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik yang saat ini sedang studi S3 memilih kesempatan pertama untuk mendapatkan masukan dan pencerahan atas micromanuscript yang telah disiapkan.

Sunu Wibirama, narasumber muda yang energik di kelas eksakta ini mengomentari rancangan tulisan Nova. “Step by step prosedur pengambilan data harus ditulis secara rinci karena ini akan sangat bermanfaat pada saat penulisan section 3.  Langkah-langkah ini juga harus sesuai dengan target publikasi," ungkapnya.

Narasumber lulusan Jepang ini juga menambahkan bahwa penulis artikel juga harus menyiapkan justifikasi untuk mengantisipasi semuan pertanyaan reviewer. Beberapa hal yang dicari oleh editor dan memungkinkan artikel diterima untuk dipublikasikan dan berimpact tinggi untuk disitasi adalah disampaikannya limitasi atau batasan-batasan pada penelitian yang dilakukan.  

Workshop-di-UWG-Malang3.jpg

Disamping sebagai auto kritik, penyampaian limitasi ini sangat memungkinkan untuk dilakukannya penelitian lanjutan oleh peneliti lain. Semua masukan yang disampaikan Sunu bertujuan untuk membantu para dosen agar micromanuscript yang diajukan mendapatkan rekom revisi minor dari editor jurnal yang dituju.

Disamping Nova, beberapa peserta yang tampil mempresentasikan draft artikelnya adalah Gatot Subiyakto, ST, MT; Diki Siswanto, ST, MT, PhD; Dr. Ir. Ririen Prihandarini, MS; Faqih, ST, MT; Dr. Evi Nurifah Julitasari, SP, MP; Dr. Ir. Darmaji, MP; Dr. Ir. Sabar Setiawidayat, MT.

Dosen muda di UWG Malang, Aviv Yuniar Rahman, ST, MT, dari Program Studi Teknik Informatika yang mengikuti kegiatan ini sejak hari pertama menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya. “Saya sudah memiliki 3 artikel yang terbit pada prosiding internasional dan saat ini satu artikel saya dengan rekomendasi revisi minor sedang menunggu proses terbit pada jurnal internasional bereputasi. Ada tambahan informasi  yang saya dapatkan pada kegiatan workshop ini yang mudah-mudahan dapat mempermudah dan memperlancar akses saya menembus prosiding dan jurnal internasional bereputasi selanjutnya,” harapnya. (*)

Jurnalis : Santoso (CR-058)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration