Peristiwa Daerah

Diskumdag Kota Batu Latih UKM Packaging

Senin, 24 Juni 2019 - 14:52 | 117.84k
UKM dilatih bagaimana membuat packaging yang baik untuk produk yang mereka jual. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
UKM dilatih bagaimana membuat packaging yang baik untuk produk yang mereka jual. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Kesulitan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam membuat kemasan produk yang memiliki nilai jual, direspon Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag Kota Batu) dengan menggelar pelatihan packaging untuk para pengusaha kecil ini, Senin (24/6/2019).

Pelatihan yang diselenggarakan di Balai Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji ini diikuti oleh 50 UKM yang tinggal di Kecamatan Bumiaji. Sehari sebelumnya, pelatihan yang sama juga diselenggarakan di Kecamatan Junrejo.

Packaging-UKM-Batu-2.jpg

Kabid Perdagangan, C Latif Setiawan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung tumbuh kembang usaha kecil menengah di Kecamatan Bumiaji.

"Selama ini banyak UKM yang terlalu fokus terhadap produk, sehingga melupakan pentingnya desain kemasan, padahal laku tidaknya produk tergantung pada kemasan yang baik dan memiliki nilai jual," ujar Latif.

Beberapa produk pedagang yang ikut pelatihan, ternyata belum memiliki desain kemasan yang baik, lewat pelatihan ini para pedagang diarahkan untuk membuat kemasan yang baik.

Lewat pelatihan ini, diharapkan para pedagang bisa memahami kemasan terbaik untuk produknya. Kemasan yanh baik tidak hanya bisa membantu penjualan, namun juga mampu menjaga kualitas produk mereka.

Dalam kesempatan itu, para pedagang juga dilatih bagaimana menghitung biaya produk dan kemasan sehingga didapatkan harga jual yang tepat.

Kegiatan ini menurut Latif, bekerjasama dengan Upti Mamin dan Kemasan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemprov Jatim. Di sini, para pedagang bisa langsung berkonsultasi kemasan dan desain di mobil pelayanan Disperindag Pemprov Jatim.

Packaging-UKM-Batu-3.jpg

Seperti Suhartini, UKM yang menjual olahan Ubi, memanfaatkan pelayanan ini untuk membuat desain produknya.

"Belum pernah buat desain kemasan produk, tadi saya konsultasi ternyata nama produk saya ada yang sama dengan produk di daerah lain, akhirnya saya diarahkan untuk menyesuaikan nama, ternyata data UKM online," ujar Suhartini.

Ia berterima kasih atas pelatihan yang dilakukan oleh Disperindag ini, karena tidak hanya menjadi tahu tentang kemasan produk, dalam kegiatan ini ia menjadi memiliki desain produk yang bagus.

Kepala Desa Pandanrejo, Abdul Manan mengungkapkan hal senada, menurutnya pelatihan ini sangat baik, sehingga bisa meningkatkan wawasan UKM. "Sangat membantu sekali, sehingga produk yang dihasilkan nanti lebih baik lagi," ujarnya.

Ia berharap setelah pelatihan packaging yang dilaksanakan oleh Diskumdag Kota Batu ini usai para UKM bisa meningkatkan kesejahteraannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES