Gaya Hidup

Empat Kebiasan untuk Mencegah Penyakit Jantung

Empat Kebiasan untuk Mencegah Penyakit Jantung Ilustrasi. (Dokter Sehat)
Senin, 24 Juni 2019 - 07:32

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018 menyebut bahwa sebesar 1,5% penduduk Indonesia menderita penyakit jantung. Mengetahui hal ini, segera bentengi diri Anda. Cara yang bisa dicoba adalah mengubah kebiasaan yang dilakukan sehari-hari menjadi lebih sehat lagi.

Berikut empat kebiasaan untuk mencegah penyakit jantung yang bisa dilakukan, dilansir dari Klik Dokter.

1. Berhenti merokok

Penyakit jantung sangat dipengaruhi oleh berapa lama seseorang merokok dan jumlah rokok yang dihisap setiap harinya. Jadi, dengan mengurangi rokok hingga benar-benar terbebas darinya, Anda turut menekan terjadinya risiko penyakit jantung.

Berdasarkan pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan, cara berhenti merokok dapat dilakukan dengan berhenti seketika, menunda waktu untuk memulai merokok, atau mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya.

2. Turunkan kolesterol jahat

Jumlah kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL) yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Jika hal ini terjadi berkelanjutan, risiko terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, dan strok akan meningkat berlipat ganda.

Karenanya, turunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh hingga berada di bawah 100 mg/dL. Misalnya dengan menghindari makanan tinggi lemak seperti daging, santan, kuning telur, mentega, dan gorengan.

3. Cek tekanan darah

Tekanan darah yang cenderung tinggi dapat memperberat kerja jantung, yang bisa berujung pada timbulnya penyakit jantung. Supaya tidak berakhir pada kondisi tersebut, Anda wajib mengurangi atau menghindari makanan yang tinggi garam. Sebaliknya, konsumsilah makanan yang sehat dan kaya serat seperti sayur dan buah-buahan.

4. Dapatkan berat badan ideal

Anda yang obesitas atau kegemukan wajib menurunkan berat badan ke rentang ideal jika tak ingin menderita penyakit jantung. Untuk memiliki berat badan ideal, Anda wajib rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, mengelola stres dengan baik, dan memiliki tidur yang berkualitas setiap hari. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Registration