Peristiwa Internasional

Menteri Pemuda se-Dunia Bahas Kepemudaan Global

Minggu, 23 Juni 2019 - 15:15 | 68.80k
Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh mewakili Indonesia untuk menjadi delegasi Pertemuan Menteri Pemuda se-Dunia yang dilaksanakan di Lisbon Portugal, 21 - 24 Juni 2019. (FOTO: Istimewa)
Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh mewakili Indonesia untuk menjadi delegasi Pertemuan Menteri Pemuda se-Dunia yang dilaksanakan di Lisbon Portugal, 21 - 24 Juni 2019. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, LISBON – Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, mewakili Indonesia menjadi delegasi Pertemuan Menteri Pemuda se-Dunia yang dilaksanakan di Lisbon, Portugal, pada 21 hingga 24 Juni 2019. Dalam pertemuan tersebut, isu kepemudaan global menjadi salah satu topik yang dibahas.

Menurut Niam, pertemuan ini sangat strategis dalam rangka membangun harmoni dan kesepahaman di kalangan pengambil kebijakan di bidang kepemudaan.

Sebab sebutnya, salah satu tantangan global adalah tentang dehumanisasi. Bisa karena kesalahan dalam merespons perkembangan teknologi, bisa karena faktor superioritas antar satu kelompok atas kelompok lain yang melahirkan dominasi, intoleransi, radikalisme, dan kekerasan.

"Di sinilah pentingnya membangun kesepahaman dan komitmen pembangunan peradaban kaum muda, yang terbuka, toleran, dan menghargai kemanusiaan", ujarnya dalam acara World Conference of Ministers Responsible for Youth dan Youth Forum 2019, Portugal, Sabtu (22/6/2019).

Acara yang dihadiri oleh 103 negara dan 31 Menteri yang membidangi kepemudaan itu secara resmi dibuka oleh Presiden Portugal Marcelo Robelo de Sousa.

Dalam sambutannya, Presiden Portugal menyampaikan perlunya youth policy dibuat secara komprehensif dengan melihat perubahan yang telah terjadi pada dunia, khususnya seiring perkembangan teknologi digital yang sangat cepat.

Lebih lanjut menurutnya, pada tahun 1998, disepakati Deklarasi Lisboa yang berisi resolusi kepemudaan dunia. Pun saat ini, setelah 21 tahun berlalu, kembali berlangsung konferensi dengan membahas isu-isu dunia terutama SDG's dengan meningkatkan keterlibatan pemuda.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut, turut hadir memberikan sambutan Presiden Majelis Umum PBB Maria Fernanda Espinosa Garces, Duta Sekjen PBB untuk Urusan Kepemudaan Jayathma Wicramanayake, dan Menteri Pendidikan Portugal Tiago Brando Rodrigues.

Adapun sejumlah isu yang dibahas dalam pertemuan menteri pemuda se-dunia itu antara lain, komitmen partisipasi kepemudaan dalam pembangunan global saat ini, transisi skill pemuda dan pekerjaan (Youth transition skill and decent work), inovasi dan transformasi digital dan pemanfaatannya untuk peradaban, isu soal populasi dan pembangunan, komitmen untuk menyusun Youth Policy dan programme, human and youth right, Governance and participation, sustainable development dan Deklarasi Lisboa+21. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES