Pendidikan

Dindik Kota Malang Minta KB-TK Alghoniyah Siap Ikuti Lomba ASSK

Minggu, 23 Juni 2019 - 12:34 | 64.94k
Sadiyah Mewar dan Suasana meriah pada Gelar Kreasi Anak 2019, KB-TK Alghoniya di hotel Santika, Minggu (23/6/2019) pagi. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Sadiyah Mewar dan Suasana meriah pada Gelar Kreasi Anak 2019, KB-TK Alghoniya di hotel Santika, Minggu (23/6/2019) pagi. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang akan memaksa KB-TK Alghoniyah ikut mewakili Kota Malang mengikuti lomba Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga (ASSK) karena sebagai lembaga PAUD, dalam melepas (mewisuda) yang diapresiasi bukan hanya anak didiknya, tetapi juga orang tuanya.

Kepala Seksi Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Dinas Pendidikan Kota Malang, Ny Pudjianik, S.P, M.Pd mengakui bahwa KB-TK Alghoniyah memang yang pertama memberi apresiasi dari dua sisi itu yaitu anak dab orang tuanya.

Gelar-Kreasi-Anak-2019.jpg

Karena tahun 2018 kemarin untuk jenjang Tak-SD-SMP, Kota Malang sudah ada yang mewakili. "Tahun ini saya ngincer KB-TK Alghoniyah untuk bisa mewakili Kota Malang. Karena saya tahu bagaimana komitmen Kepala Sekolah KB-TK Alghoniyah melibatkan peran serta orang tua dalam mendidik anak. Saya percaya akan bisa sampai ke Tingkat Nasional," tegas Pudjianik saat menghadiri Gelar Kreasi Anak 2019, KB-TK Alghoniya di hotel Santika, Minggu (23/6/2019) pagi.

Berbagai kemampuan hasil pendidikan di KB-TK Alghoniyah pagi itu diekspresikan oleh anak didiknya. Mulai dari bagaimana mereka menyampaikan surat-sieat pendek dalam Alquran, memainkan piano, memainkan musik angklung,  berpidato dalam bahasa Inggris sampai menampilkan berbagai seni tari.

Gelar-Kreasi-Anak-2019-a.jpg

Kepala PAUD KB-TK Alghoniyah, Sadiyah Mewar menyatakan memang keberhasilan KB-TK Alghoniyah dalam memajukan pendidikan anak tak lepas dari prestasi orang tua dalam ikut mendidik anak. Bahkan bukan hanya prestasi, dedikasi pun juga menjadi bagian terpenting. "Karena itu yang kami nilai bukan hanya prestasinya saja, tapi juga dedikasinya," Sadiyah Mewar.

Untuk mewujudkan penilaian itu, KB-TK Alghoniyah juga menuangkannya dalam Berita Acara Orang Tua Berprestasi dan Berdedikasi 2018-2019 hasil koordinasi Kepala PAUD Alghoniyah dengan semua dewan guru.

Kriteria penilaian itu antara lain:

-Peran serta orang tua dalam pengasuhan, mengikuti,  komunikasi dengan guru, keaktifan melaksanakan tugas atau PR orang tua, tertib administrasi mengontrol berbagai kegiatan anaknya

-Peran serta mengontrol kegiatan sekolah, mendampingi putra-putrinya dalam kegiatan parenty maupun kegiatan komite sekolah.

"Yang penting adalah bagaimana dengan keaktifan orang tua tersebut, bisa memberikan perubahan positif dan peningkatan pertumbuhan serta perkembangan anak sesuai usianya masing-masing," tandas Sadiyah Mewar.

Karena komitmen para pendidik di PAUD KB-TK Alghoniyah itulah,  pagi itu Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang akan memaksa KB-TK Alghoniyah untuk ikut mewakili Kota Malang dalam lomba Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga (ASSK). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES