Otomotif

Kemenristek Dikti RI Targetkan 2025 Indonesia Produksi Massal Kendaraan Listrik

Minggu, 23 Juni 2019 - 09:14 | 865.56k
Menristekdikti RI, Mohammad Nasir dan Rektor UNY Sutrisna Wibawa saat peluncuran Mobil Listrik Garuda UNY karya Mahasiswa Fakultas Teknik dalam rangka Dies Natalis ke-55, Jumat (21/6/2019). (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia).
Menristekdikti RI, Mohammad Nasir dan Rektor UNY Sutrisna Wibawa saat peluncuran Mobil Listrik Garuda UNY karya Mahasiswa Fakultas Teknik dalam rangka Dies Natalis ke-55, Jumat (21/6/2019). (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti RI) menargetkan pada tahun 2025 Indonesia sudah bisa memproduksi massal kendaraan listrik.

Kendaraan ramah lingkungan tersebut hasil kolaborasi bersama industri agar bisa dikomersialisasikan di tanah air.

“Saat ini inovasi dibidang kendaraan listrik harus terus ditingkatkan. Semoga tahun 2025 nanti kita sudah mampu memproduksi secara massal,” kata Menristekdikti RI, Mohammad Nasir bersama Rektor UNY Sutrisna Wibawa saat peluncuran Mobil Listrik Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) karya inovatif Mahasiswa Fakultas Teknik UNY dalam rangka Dies Natalis ke-55, Jumat (21/6/2019).

Nasir mengapresiasi UNY atas capaiannya yang luar biasa dalam meningkatkan inovasi di bidang kendaraan listrik. Ia berharap, UNY kedepan menjadi World Class University. Nasir berpesan agar inovasi yang sudah dihasilkan jangan sampai hanya sebatas inovasi saja tetapi dapat dikomersialisasikan.

Menurutnya, Kemenristekdikti RI telah mengalokasikan anggaran Rp 100 miliar setiap tahunnya. Hal itu untuk mendorong riset dibidang kendaraan listrik yang hemat energi dan menciptakan kendaraan yang bebas polusi.

“Tentu, untuk mewujudkannya perlu menggandeng industri untuk mengembangkan suku cadang kendaraan listrik tersebut,” terang Nasir.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengatakan, peluncuran Mobil Listrik Garuda UNY ini dapat mendorong civitas akademika di lingkungan kampusnya semakin berkembang dan menjadi world class university.

“Inovasi teknologi ini sebagai upaya untuk ikut mengembangkan pembangunan pendidikan di Indonesia,” kata Sutrisna.

Mobil Listrik Garuda UNY karya inovatif mahasiswa Fakultas Teknik UNY pernah tampil pada even Mobil Hemat Energi dengan rekor Asia. Dalam hitungan 1 liter BBM dapat menempuh 283 kilometer.

“Terima kasih atas dukungan Kemenristek Dikti RI atas dukungan terhadap karya inovasi kendaraan lisitrik mahasiswa UNY. Semoga, kendaraan listrik ini nanti pada 2020 dapat diproduksi secara massal,” terang Sutrisna. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES