Kesehatan

Jangan Dibuang, Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya Manfaat

Minggu, 23 Juni 2019 - 06:33 | 170.01k
ILUSTRASI - Mengupas Buah Jeruk. (FOTO: myrecipes.com)
ILUSTRASI - Mengupas Buah Jeruk. (FOTO: myrecipes.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kulit merupakan bagian buah dan sayur yang sering dibuang begitu saja. Padahal, kulit buah dan sayuran juga memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. 

Dilansir dari Mirror, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan mengupas atau membuang kulit dari beberapa sayuran atau buah-buahan jika ingin mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal. Berikut adalah buah-buahan dan sayuran tersebut.

1. Buah jeruk

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan berjenis flavonoid yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kadar kolesterol baik di dalam darah. Selain itu, keberadaan antioksidan ini juga bisa melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit.

Penelitian ini juga menyebut makan kulit jeruk bisa memberikan manfaat 20 kali lebih besar dibandingkan dengan makan jus jeruk. Sebagai informasi, proses pengolahan buah menjadi jeruk memang akan menghilangkan atau merusak kadar seratnya. Jika kita masih belum terbiasa mengonsumsi kulit jeruk, setidaknya kita memakan daging buahnya tanpa menghilangkan serabutnya.

2. Bawang putih

Sebelum mengolah bawang putih menjadi bumbu makanan, kebanyakan orang akan mengupas kulitnya yang memang terlihat kasar. Masalahnya adalah kulit bawang putih ternyata tinggi kandungan antioksidan yang tentu sayang untuk dibuang begitu saja.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Wakunaga Pharmaceutical, Jepang membuktikan bahwa kulit bawang putih memiliki kandungan antioksidan berjenis fenilpropanoid yang bisa memberikan perlindungan bagi jantung dan mencegah penuaan dini.

3. Buah pisang

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Chung Shan Medical University, Taiwan membuktikan bahwa kulit pisang ternyata tinggi manfaat kesehatan lho. Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa ekstrak kulit pisang bisa mengatasi depresi dan membantu produksi hormon yang bisa mengatasi stres. Hal ini bisa memberikan pengaruh besar bagi tekanan darah tubuh.

Di dalam kulit pisang ternyata juga terdapat kandungan lutein yang bisa menyehatkan retina. Selain itu, kandungan antioksidan seperti karotenoid bisa menurunkan risiko terkena katarak, salah satu masalah kesehatan mata yang banyak menyerang masyarakat Indonesia.

Penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa minum air rebusan daun pisang yang diolah selama 10 menit atau menjadikan kulit pisang sebagai campuran jus buah pisang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

4. Buah nanas

Buah yang memiliki sensasi rasa manis, asam, dan menyegarkan ini ternyata juga memiliki kulit yang tinggi nutrisi. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan enzim bromelain, vitamin C, dan serat di dalamnya. Mengonsumsi kulit nanas bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan dan masalah perut kembung.

Selain itu, enzim bromelain bisa membantu tubuh mencerna protein dan bersifat anti peradangan sehingga akan membantu tubuh mengatasi masalah demam, asam urat, dan radang sendi.

5. Buah semangka

Kulit buah semangka ternyata tinggi kandungan asam amino berjenis citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah. Hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus memperlancar sirkulasi darah. Kondisi ini tentu akan membuat jantung dan pembuluh darah menjadi semakin sehat.

6. Buah kiwi

Kulit buah kiwi tinggi kandungan flavonoid yang bisa mencegah peradangan, alergi, dan kanker. Selain itu, kandungan antioksidannya juga akan mencegah gangguan kesehatan termasuk paparan bakteri penyebab datangnya gangguan pencernaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Mirror

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES