Gaya Hidup

Tips Merawat Mata Agar Terhindar Dari Penuaan Dini

Minggu, 23 Juni 2019 - 03:40 | 255.17k
ILUSTRASI. (FOTO: www.nusakini.com)
ILUSTRASI. (FOTO: www.nusakini.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lingkaran hitam, garis-garis halus, dan kantong mata menjadi masalah mata yang paling sering dikeluhkan. Namun, tak ada kata terlambat untuk mulai merawatnya. Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat mata agar terhindar dari penuaan dini, dilansir dari Hello Sehat.

1. Jaga kelembapannya

Jangan anggap sepele, melembapkan kulit di sekitar mata membantu mencegah kerutan dan garis-garis halus. Anda bisa menggunakan pelembap wajah ringan di sekitar mata selama tidak ada reaksi negatif dan memang dianjurkan dalam kemasannya.

2. Tepuk dengan lembut

Saat bersentuhan dengan kulit di sekitar mata usahakan untuk melakukannya dengan lembut. Ini karena kulit di bawah mata sangat tipis dan mudah berkerut jika mendapatkan tekanan esktra. Oleh karena itu, pastikan untuk menyentuhnya dengan lembut.

3. Lindungi dengan tabir surya

Jangan hanya wajah dan badan saja yang dioleskan tabir surya, area bawah mata juga memerlukannya. Merawat kulit di sekitar mata dengan tabir surya menjadi sebuah keharusan. Sebelum keluar rumah, oleskan dahulu tabir surya di kelopak mata atas dan juga area bawah mata. Anda juga bisa memberikan perlindungan tambahan dengan menggunakan kacamata hitam yang dilengkapi dengan perlindungan sinar ultraviolet.

4. Memijat area bawah mata

Untuk menjaga sirkulasi di sekitar mata tetap lancar cobalah untuk memijatnya secara perlahan. Hal ini bisa Anda lakukan baik saat menggunakan krim mata atau ketika mencuci muka saat mandi. Pijatan biasanya membantu mengurangi kelebihan cairan yang menumpuk dan menjadi salah satu penyebab mata bengkak. Ketika cairan yang menumpuk menghilang, mata Anda akan kembali terlihat segar.

5. Kompres dengan kantong teh

Jangan buang kantong teh celup bekas pakai Anda. Pasalnya, benda yang Anda anggap sampah ini ternyata bisa membantu merawat kulit di sekitar mata. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang bisa membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi tumpukan cairan di bawah kulit.

6. Tidur cukup

Tidur yang cukup setiap hari membantu menjaga tampilan mata Anda dari kemunculan garis-garis hitam. Pasalnya, kurang tidur bisa membuat kulit terlihat lebih pucat dan membuat garis hitam semakin terlihat. Oleh karena itu, pastikan Anda tidur tujuh sampai delapan jam setiap harinya.

7. Makan makanan sehat

Selain tidur cukup, Anda juga perlu merawat mata dari dalam dengan makan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Berbagai nutrisi ini membantu menjaga kulit tetap sehat dengan membantu pembentukan sel-sel baru pada kulit dan menghindari penuaan dini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES