Gaya Hidup

Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Gula Agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan

Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Gula Agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan ILUSTRASI - Kecanduan Gula. (FOTO: Kotamobagupost)
Sabtu, 22 Juni 2019 - 02:35

TIMESINDONESIA, JAKARTAKecanduan gula bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Karena itu, agar tidak kecanduan gula Anda sebaiknya mengurangi konsumsi makanan atau minuman.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecanduan gula, dilansir dari Klik Dokter.

1. Kurangi secara perlahan

Semua perubahan dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menghindari gula sama sekali. Akan lebih baik bila Anda menguranginya sedikit demi sedikit hingga akhirnya benar-benar tak lagi ketergantungan dengannya.

Jika Anda langsung menghindari gula sepenuhnya, hal tersebut malah bisa menyebabkan terjadinya stres. Bila sudah begini, tubuh akan menghidupkan mekanisme “fight or flight” dengan meningkatkan produksi hormon yang meningkatkan kadar gula darah dan menekan fungsi tubuh. Keadaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

2. Banyak minum air putih

Menurut ahli gizi kuliner dan penulis Super Cleanse, Adina Niemerow, CN, keinginan makan gula yang tinggi bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang dehidrasi. Jadi, jika mulai ada tanda bahwa Anda ingin mengonsumsi yang manis-manis, lebih baik ambil segelas air putih.

3. Pelajari nama lain gula dan hindari

Dalam makanan atau minuman kemasan, gula biasanya ditulis dengan nama berbeda. Beberapa istilah yang sering digunakan, misalnya laktosa, sirup beras merah, molase, atau dekstrosa dan beragam istilah untuk gula yang berakhiran "–osa" lainnya.

Perlu diketahui, gula juga bisa Anda temukan dalam bentuk dan sajian yang berbeda. Misalnya pada saus barbekyu, saus pasta, saus salad rendah lemak, roti, kacang panggang, dan beberapa kopi beraroma. Karenanya, bila Anda ingin mengurangi atau menghindari gula, membaca label dan fakta nutrisi pada kemasan makanan yang hendak dibeli adalah sebuah kewajiban.

4. Bersantai dan pergi tidur

Keinginan makanan gula yang tinggi sering terjadi akibat tidur terlambat, kurang tidur, atau bangun terlalu dini. Niemerow merekomendasikan untuk mencoba tidur 8 jam setiap malam.

“Dan jika Anda mulai mengidam sesuatu yang manis, konsumsilah sedikit camilan," katanya.

5. Olahraga rutin

Saat mengurangi asupan gula, tubuh membutuhkan sumber energi baru. Percaya atau tidak, Anda bisa mendapatkan sumber energi tersebut dari olahraga.

Faktanya, olahraga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah, mengurangi ketegangan, dan meningkatkan energi tubuh. Anda disarankan untuk memulai olahraga dengan durasi 10 menit sehari, dan ditingkatkan secara bertahap hingga 30 menit per hari.

6. Konsumsi protein

Mengonsumsi protein adalah cara mudah untuk mengekang keinginan makan gula. Beberapa sumber protein yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya ayam tanpa lemak, yoghurt rendah lemak, telur, kacang-kacangan, buncis, dan lentil. Jangan lupa untuk menyeimbangkan asupan protein dengan banyak sayuran. Dengan demikian, keinginan untuk makan gula akan semakin tertekan hingga akhirnya hilang.

Mencegah terjadinya kecanduan gula atau ketergantungan akan makanan maupun minuman manis adalah langkah awal untuk memiliki kesehatan tubuh. Anda bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan dengan membatasi konsumsi gula. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration