Gaya Hidup

4 Manfaat Makan Apel yang Baik untuk Kesehatan

Sabtu, 22 Juni 2019 - 06:02 | 128.49k
Buah Apel. (foto: Dokter Sehat)
Buah Apel. (foto: Dokter Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah apel memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Buah apel tinggi akan antioksidan dan flavonoid yang berfungsi untuk mencegah resiko munculnya penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, dan diabetes. Dengan rutin mengonsumsinya, akan ada banyak manfaat makan apel lainnya yang bisa dirasakan terhadap kesehatan.

Berikut ini manfaat makan apel untuk kesehatan, dilansir dari Boldsky.

1. Menyehatkan jantung

Apel bisa mengurangi resiko penyakit jantung dengan memperkecil kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Mereka mengandung serat larut dan antioksidan polifenol yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, makan apel bisa menurunkan risiko stroke.

2. Membantu menurunkan berat badan

Apel adalah sumber serat baik yang membuat perut kamu kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, orang yang mengkonsumsi irisan apel sebelum makan, akan merasa lebih kenyang. Studi lain menemukan bahwa 50 wanita gemuk yang makan apel kehilangan rata-rata 1 kg berat tubuhnya dan makan lebih sedikit kalori.

3. Mengurangi resiko diabetes

Apel mengandung antioksidan polifenol yang membantu menurunkan risiko diabetes. Antioksidan ini mencegah kerusakan sel beta di pankreas. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh dan sering rusak pada diabetes tipe 2.

4. Mencegah kanker

Fitokimia dalam apel menurunkan risiko kanker. Sebuah studi yang dilakukan pada perempuan menunjukkan bahwa mengkonsumsi apel dikaitkan dengan tingkat kematian akibat kanker yang lebih rendah.

Studi lain menunjukkan bahwa makan satu apel atau lebih per hari mengurangi risiko kanker payudara dan kanker usus besar masing-masing sebesar 18 persen dan 20 persen.

Itulah berbagai manfaat makan apel yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa rutin mengonsumsi apel untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES