Politik

Ini Kriteria Ideal Sosok Wabup Malang Versi Hasta Komunika

Ini Kriteria Ideal Sosok Wabup Malang Versi Hasta Komunika Direktur Hasta Komunika, M Anas Muttaqin. (FOTO: Hasta Komunika for TIMES Indonesia)
Jum'at, 21 Juni 2019 - 16:46

TIMESINDONESIA, MALANG – Lembaga riset dan konsultan Hasta Komunika, angkat bicara mengenai kekosongan kursi Wakil Bupati Malang. Menurut Direktur Hasta Komunika, M Anas Muttaqin, ada beberapa kriteria yang pas untuk menjabat posisi Wabup Malang.

"Selain hak rekomendasi dari partai pengusung, idealnya cabup nanti juga punya mobilitas tinggi dan sosok intelektual," ujar M Anas Muttaqin kepada TIMES Indonesia, Jumat (21/6/2019)

Menurut Anas, hal itu dibutuhkan oleh Wabup Malang, mengingat Kabupaten Malang memiliki wilayah sangat luas. Selain itu, juga Kabupaten Malang memiliki potensi luar biasa.

"Dengan Wabup Malang yang memiliki mobilitas tinggi serta memiliki tingkat intelektual yang mumpuni, sehingga bisa berbagi tugas maupun membantu tugas bupati dengan baik," tuturnya

"Terpenting juga punya komunikasi politik yang baik ke banyak kalangan, terutama bekerja sama dengan bupati," sambung M Anas Muttaqin.

Sesuai dengan kriteria yang disebutkan Anas di atas, ada beberapa nama tokoh Kabupaten Malang yang beredar di masyarakat, dinilai cocok untuk mengisi kekosongan kursi Wabup Malang. Di antaranya ada nama Direktur Utama PD Jasa Yasa, Ahmad Faiz Wildan dan Rektor Unira Malang Dr Hasan Abadi MAP.

Disinggung mengenai dua nama di atas, Anas mengatakan bahwasanya kedua nama itu tetap harus memiliki dua kriteria yang disebutkan tadi.

"Ya yang jelas harus memiliki mobilitas tinggi, enerjik dan intelektual," tuturnya. Selain itu, dia juga menyebut kriteria lain yang harus dimiliki sosok tersebut untuk menjadi Wabup Malang

"Satu lagi, sebisa mungkin wabup nanti minim conflict of interest dan beban masa lalu," tegasnya.

Tujuannya, kata Anas, agar bisa mengembalikan kepercayaan publik yang runtuh akibat berbagai kasus mendera Kabupaten Malang," katanya.

Dengan bupati definitif dan Wabup Malang yang telah memiliki kriteria seperti di atas, kata Direktur Hasta Komunika M Anas Muttaqin, diharapkan bisa memaksimalkan waktu tersisa untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Malang. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration