Ekonomi

BNI 46 dan PT Astra International Buka Akses Kemitraan dengan Desa

Jumat, 21 Juni 2019 - 14:41 | 59.11k
Rakor 'Penguatan Ketahanan dalam Pembangunan Desa' di Jakarta Kamis (20/6/2019). (Foto: istimewa)
Rakor 'Penguatan Ketahanan dalam Pembangunan Desa' di Jakarta Kamis (20/6/2019). (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabar gembira datang untuk seluruh desa di Indonesia. BNI 46 sebagai salah satu bank BUMN menyatakan bersedia membuka akses kerjasama yang seluas-luasnya dalam membangun desa. Demikian juga dengan PT Astra International, salah satu perusahaan raksasa di bidang perkebunan.

Komitmen itu ditegaskan kedua perusahaan tersebut di hadapan Kepala Dinas PMD Provinsi dan PMD Kabupaten/Kota se-Indonesia pada Rakor 'Penguatan Ketahanan dalam Pembangunan Desa' di Jakarta Kamis (20/6/2019).

Vice President Hubungan Kelembagaan BNI 46, Muin Fikri mengatakan BNI 46 telah bertekad mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan azas gotong royong. Selain menjalankan fungsi bisnis, BNI juga melakukan agent of development. Untuk itu, ia berharap desa-desa di Indonesia bisa berhubungan langsung pihaknya dan menjadi mitra binaan.

"Ada beberapa desa yang sudah join sekaligus menjadi binaan kami. Di Jawa Tengah, Yogyakarta dan sejumlah provinsi lainnya. Kami mendorong desa untuk mengembangkan potensi ekonominya dengan melihat peluang pasar. Kami support full," tegasnya.

Fikri juga menyebutkan beberapa desa yang mampu survive berkat kerjasama dengan pihaknya. Secara khusus, ia mengajak Kepala Dinas PMD yang hadir agar memfasilitasi kerjasama yang akan dibangun ke depan dengan desa-desa di wilayah kerjanya. Apalagi desa tersebut memiliki potensi di bidang pariwisata, UMKM atau sektor riil lainnya. 

Menurutnya, banyak model dan aspek yang perlu dikerjasamakan oleh BNI dengan desa-desa maupun daerah. Bukan hanya dari aspek bisnis saja, bidang lainnya pun bisa. "Kami welcome sekali," katanya.

TIMES-Indonesia-Rakor-Kemendesa-1.jpg

Sementara CSR of Environtmen Social Responcibility Division PT Astra Internasional, Muh Taufan menambahkan jika pihaknya sangat terbuka untuk membantu desa yang berminat bekerjasama. PT Astra siap mengucurkan dana CSR-nya berdasarkan proposal yang masuk. "Kami mendukung untuk kemajuan desa," paparnya.

Taufan menambahkan jika pusat, dalam hal ini Kementerian Desa, telah menjalin kemitraan dengan pihaknya. Beberapa kegiatan sudah dijalin dalam kerjasama kedua lembaga pemerintah dan swasta ini. "Di Pusat, kami sudah join dengan Kemendesa. Tinggal di daerah lagi yang kita galakan," tukasnya.

Menanggapi paparan pihak BNI 46 dan PT Astra International, para Kadis PMD Provinsi menyambut baik dukungan tersebut dan menyatakan siap menindaklanjutinya dengan komunikasi bersama pihak  terkait di tingkat daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Press Rilis

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES