Kuliner

Nasi Grombyang, Kuliner Khas Pemalang yang Mirip Soto Berkuah Hitam

Jumat, 21 Juni 2019 - 12:55 | 311.30k
Nasi Grombyang Haji Warso khas Pemalang (FOTO : Republika)
Nasi Grombyang Haji Warso khas Pemalang (FOTO : Republika)

TIMESINDONESIA, PEMALANG – Pemalang, Jawa Tengah memiliki kuliner khas yang bernama Nasi Grombyang. Nasi itu terdiri atas potongan daging sapi berkuah.

Namun jika Anda pertama kali melihatnya akan dibuat bingung, ini soto atau rawon ya? Memang nasi grombyang memiliki kuah yang mirip rawon, namun lebih memiliki warna sedikit kekuningan.

Aneka-satai-sapi.jpg

Aneka satai sapi di Nasi Grombyang Warso Pemalang. (FOTO : Republika)

Bumbu yang dipakai memang hampir sama dengan bumbu rawon. Sebab, selain menggunakan tauco, Nasi Grombyang juga menggunakan kluwak untuk memberikan warna menghitam seperti rawon.

Dalam penyajiannya makanan ini menggunakan mangkuk kecil khas soto (berdiameter 15 cm), dan tampilannya pun mirip soto. Bedanya nasi grombyang tak menggunakan tauge dan bihun. Kuahnya hitamnya juga dibiarkan penuh hingga tumpah-tumpah di alas mangkuk. Rasa kuahnya manis dan gurih.

Nasi-Grombyang.jpg

Nasi Grombyang Haji Warso khas Pemalang. (FOTO : Republika)

Potongan daging juga mengumpul di tengah, yang dilengkapi dengan daun bawang yang dipotong-potong, serta ditaburi bawang goreng.

Nasi Grombyang kuliner khas Pemalang ini makin nikmat dimakan bersama kerupuk udang atau emping mlinjo. Jangan lupa mencicipi nasi ini jika berkunjung ke Pemalang Jawa Tengah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES