Kesehatan

Benarkah Yogurt Bisa Mencegah Kanker Usus Besar?

Jumat, 21 Juni 2019 - 00:52 | 60.90k
yogurt. (foto: Hello Sehat)
yogurt. (foto: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKanker usus besar termasuk masalah kesehatan yang cukup banyak dialami masyarkat. Meski penyakit ini termasuk berbahaya, Anda bisa menurunkan risiko terkena kanker usus besar ini. Salah satunya adalah dengan konsumsi yogurt.

Hasil studi dalam jurnal The BMJ, konsumsi yogurt berpotensi mengurangi risiko seseorang terkena kanker kolorektal yang disebabkan mikrobioma usus.

Seperti dilansir Medical News Today, peneliti dari the Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston menganalisis informasi tentang diet dan pembentukan adenoma pada 32.606 pria dan 55.743 wanita untuk mendapatkan kesimpulan itu.

Semua peserta sepakat untuk menjalani endoskopi usus untuk mendeteksi adanya pertumbuhan abnormal di bagian bawah usus. Mereka juga memberikan informasi mengenai gaya hidup dan kebiasaan diet mereka setiap empat tahun sekali, termasuk konsumsi yogurt.

Sepanjang periode penelitian, para peneliti mendokumentasikan perkembangan 5.811 adenoma di antara pria dan 8.116 adenoma di antara wanita.

Hasilnya, pria yang mengonsumsi dua atau lebih porsi yogurt per minggu memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena pertumbuhan prakanker di usus (adenoma konvensional) dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsi yogurt sama sekali.

Selain itu, pria yang makan dua atau lebih porsi yogurt per minggu berisiko 26 persen lebih rendah terkena pertumbuhan abnormal yang berpotensi menjadi tumor ganas di usus besar.

Ada beberapa teori yang bisa menjelaskan alasan yogurt membantu mencegah pembentukan pertumbuhan abnormal di usus seperti kanker usus besar. Salah satunya bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus dalam yogurt yang mengurangi kadar karsinogen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES