Politik

Pakar Politik LIPI Sayangkan Kehadiran Saksi Tim Kuasa Hukum 02 di Sidang MK

Pakar Politik LIPI Sayangkan Kehadiran Saksi Tim Kuasa Hukum 02 di Sidang MK Pakar politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Syamsuddin Haris.
Kamis, 20 Juni 2019 - 18:40

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa tokoh menyayangkan kehadiran saksi dari tim kuasa pasangan calon 02 duet Prabowo-Sandi di sidang Sidang PHPU di Mahkamah Konstitusi. Salah satunya yang berpendapat, pakar politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris.

Menurut Syamsuddin, saksi yang dihadirkan tidak dapat memberikan kesaksian yang meyakinkan dan dinilai tidak banyak membantu 02.

"Sangat disayangkan tim hukum Prabowo-Sandi tidak mengajukan saksi dan kesaksian yang meyakinkan. Saya kira tujuh orang saksi yang sudah bicara tidak banyak membantu pembuktian yang diperlukan tim hukum 02," tulis @sy_haris di Twitter.

Sebelumnya, politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean juga menyampaikan hal serupa. Ia mempertanyakan keseriusan tim kuasa hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto, untuk menang dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ferdinand melihat dari sidang yang digelar di MK sejak pagi hingga malam hari kemarin, Rabu (19/6/2019), saksi yang didatangkan dinilai tidak berkualitas.

"Sidang dari pagi hingga malam begini, kualitas saksi tak satupun yang berkualitas dan berkesesuaian untuk membuktikan dalil permohonan. Ini BW dan Lawyer 02 serius nggak sih mau menang? Kok saksinya begini?" tulis @FerdinandHaean2.

Menurutnya, saksi yang berkualitas harus mampu menjelaskan secara faktual dalil dalam permohonan.

"Sehingga seluruh posita terbukti maka kemudian petitum dikabulkan. Dari pagi, saksi semuanya tak ada yang membuktikan dalil dalam posita sementara Petitumnya keras banget. Sia-sia," tandas Ferdinand, senada dengan Pakar politik LIPI, Syamsuddin Haris.(*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration