Pendidikan

Kuliah Lapang ke Perusahaan Sapi Potong, Polbangtan Malang Buka Peluang Kerja Sama

Kuliah Lapang ke Perusahaan Sapi Potong, Polbangtan Malang Buka Peluang Kerja Sama Mahasiswa Polbangtan Malang saat kuliah lapang di PT Santosa Agrindo (Santori) Tongas Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Kamis, 20 Juni 2019 - 18:26

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Mahasiswa jurursan Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (PPKH) Polbangtan Malang melakukan kuliah lapang di perusahaan penggemukan dan pembibitan sapi potong PT Santosa Agrindo (Santori) Tongas Probolinggo, Jawa Timur.

Kegiatan yang dilakukan pada Sabtu (15/06/2019) lalu ini diikuti oleh tiga kelas dari semester 4 jurusan PPKH. Sebagai kegiatan dari praktik kunjungan luar kampus mata kuliah Teknolologi Produksi Ternak Ruminansia Besar (potong) yang bertujuan untuk meberikan wawasan dan pengalaman mahasiswa akan manajemen industri peternakan khususnya api potong.

Untuk diketahui, PT Santori merupakan anak perusahaan JAPFA yang bergerak di bidang usaha penggemukan dan pembibitan sapi potong. Perusahaan ini memiliki 8000 populasi sapi potong yang terdiri dari 5000 sapi penggemukan serta 3000 sapi untuk pembibitan. 

Terdapat dua jenis sapi yang dibudidayakan di sini yaitu sapi brahman cross yang diimpor langsung dari Australia serta sapi lokal dengan jenis brangus.

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak PT. Santori disampaikan langsung oleh Darmawan Bakti Prasada selaku Head of Unit  serta Mudawamah selaku HRGA. Dan juga dihadiri oleh para dosen Polbangtan Malang yang juga diwakili oleh Wakil Direktur II, Ismulhadi.   

“Melalui mata kuliah teknologi produksi ternak ruminansia besar serta kunjungan ke di bidang usaha penggemukan dan pembibitan sapi potong diharapkan kedepannya mahasiswa polbangtan malang mampu membantu para peternak untuk  mewujudkan swasembada daging di indonesia,” ujar Darmawan Bakti Prasada. 

Dengan adanya kuliah lapang ini diharapkan ke depannya PT. Santori dapat menjalin kerja sama dengan Polbangtan Malang khususnya dalam bidang pembudidayaan sapi potong.(*)

Jurnalis :
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration