Peristiwa - Nasional

Presiden RI Jokowi Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah di Kota Pudak Gresik

Presiden RI Jokowi Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah di Kota Pudak Gresik Presiden Jokowi saat keluar dari GOR Tridharma usai membagikan sertifikat tanah. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Kamis, 20 Juni 2019 - 17:12

TIMESINDONESIA, GRESIKPresiden RI Jokowi membagikan ribuan sertifikat tanah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019) siang. Total ada 3.200 sertifikat tanah diserahkan kepada warga Kota Pudak di GOR Tridharma, Kota Gresik.

Dalam kunkernya di Gresik, presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Hadir juga mendampingi Presiden, Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Kepala BPN Gresik Asep Heri.

Kepada ribuan penerima serifikat, Presiden Jokowi mengungkapkan jika program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL)  merupakan salah satu program utama karena keberadaan sertifikat tanah sangat penting.

Dahulu di tahun 2015, hanya 46 juta tanah yang bersertifikat padhal seharusnya sudah ada 126 juta tanah di Indonesia yang bersertifikat.

"Jadi waktu itu masih ada 80 juta tanah yang belum sertifikat. Dan anehnya dalam setahun hanya bisa menyelesaikan 500 ributanah. Kemudian saya perintahkan ke Pak Menteri untuk membuat program agar tanah warga bersertifikat," katanya.

Untuk menyukseskan PTSL, Jokowi membeberkan telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat mulai dari pendaftaran, pengukuran hingga penerbitan sertifikat.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga berpesan kepada masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikat tanah agar menjaganya dengan baik seperti diberi lapisan plastik hingga di foto kopi.

Terlebih, sertifikat itu nantinya bisa digunakan masyarakat untuk meminjam uang di Bank kemudian bisa dimanfaatkan untuk modal usaha.

"Yang terpenting harus bisa mengelola dan mengkalkulasi. Misalnya, jika ingin berwirausaha dan butuh modal usaha, sertifikat itu bisa menjadi anggunan," lanjut Jokowi.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil, untuk menyukseskan program nasional ini, pihaknya mengintruksikan seluruh kepala BPN di tingkat provinsi dan kabupaten untuk melayani warga dengan baik.

Sofyan menjelaskan, peningkatan pelayanan itu wajib dilakukan agar masyarakat juga turut mensukseskan program PTSL.

"Dari laporan Pak Bupati, masih ada 47 persen bidang tanah yang belum terdaftar. Dan targetnya di tahun 2024 di Gresik semua bidang tanah sudah bersertifikat," ucap Presiden RI Jokowi di Kota Pudak Gresik. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Loading...
Registration