Peristiwa - Nasional

Perpusnas RI Ajak Masyarakat Bondowoso Gemar Membaca

Perpusnas RI Ajak Masyarakat Bondowoso Gemar Membaca Suasana sosialisasi membudayakan gemar membaca oleh Perpustakaan Nasional RI bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kamis, 20 Juni 2019 - 16:00

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI) bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah mengajak seluruh lapisan masyarakat Bondowoso untuk membudayakan gemar membaca.

Hal itu mengemuka dalam Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan tema “Implementasi program revolusi mental menuju Indonesia cerdas 2024”, di Hall Shaba Bina I, Kamis (20/6/2019).

Perpusnas-RI-sosialisasi-2.jpg

Fathmi, Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI mengatakan, kegiatan sosialisasi merupakan bagian dari upaya Perpusnas dalam meningkatkan minat baca, dan literasi masyarakat Indonesia.

“Utamanya, dalam implementasi revolusi mental menuju Indonesia Cerdas pada tahun 2024,” katanya.

Menurutnya, tidak ada syarat khusus dengan dipilihnya Bondowoso sebagai lokasi sosialisasi. Hanya saja, kegiatan ini dilakukan secara bergilir di tiap kabupaten setiap tahunnya.

"Tahun 2019 ini yang terpilih di Jawa Timur itu ada Bondowoso dan Bangkalan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin yang diwakili Asisten III Pemkab Bondowoso, Wawan Setiawan mengatakan, adanya sosialisasi ini menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi Bondowoso.

Perpusnas-RI-sosialisasi.jpg

Dia berharap, nantinya berdampak pula terhadap penurunan angka putus sekolah, sehingha betul-betul terwujud.

"Saya apresiasi atas penyelenggaraan ini di Bondowoso. Karena tak semua kabupaten dapat prioritas seperti ini," katanya.

Dia juga memaparkan, upaya peningkatan budaya membaca ini juga selaras dengan misi Bondowoso. Salah satunya yakni peningkatan SDM yang berkualitas dan unggul dalam bidang pendidikan formal dan non formal.

Sementara itu, Karna Suswandi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bondowoso, berharap dengan diselenggarakan acara ini akan mampu memotivasi masyarakat Bondowoso untuk  gemar membaca.

Termasuk meningkatkan kesadaran orang tua, kepala sekolah, dan masyarakat dalam mengarahkan minat kegemaran membaca bagi anak-anak.

"Memotivasi masyarakat untuk membiasakan membaca buku bacaan dan bacaan lainnya, untuk membuka wawasan dan keterampilan diri," jelasnya.

Sosialisasi oleh Perpusnas RI ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari penggerak PKK, guru PAUD, karang taruna, pelajar, hingga pegiat literasi di wilayah Bondowoso. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration