Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Mahasiswa Unair Surabaya Berikan Solusi yang Efektif Mengatasi Fraktur

Kamis, 20 Juni 2019 - 13:43 | 135.64k
Tiga mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga yakni Alfia Fristiyanti, Siti Maratus Salasatun Nikmah, dan Katherine saat melakukan penelitian di laboratorium. (FOTO: AJP TIMES indonesia)
Tiga mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga yakni Alfia Fristiyanti, Siti Maratus Salasatun Nikmah, dan Katherine saat melakukan penelitian di laboratorium. (FOTO: AJP TIMES indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tiga mahasiswa Unair Surabaya mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang berjudul “Proliferasi Dan Diferensiasi Sel Secara In-Vitro Pada Implan Tulang SS316L Terlapisi Hidroksiapatit Gelatin”.

Mereka adalah Alfia Fristiyanti (Teknik Biomedis, 2015), Siti Maratus Salasatun Nikmah (Fisika, 2015) dan Katherine (Teknik Biomedis, 2016). Judul tersebut diangkat mengingat Indonesia merukapan daerah rawan bencana, yang memiliki berbagai kasus korban luka-luka maupun meninggal. Salah satu kasus yang sering dijumpai adalah kasus fraktur yang menyebabkan terputusnya diskontinuitas tulang. Terjadinya fraktur dapat berdampak pada cacat fisik, stress psikologi, bahkan kematian akibat penanganan yang tidak tepat.

Alfia Fristiyanti mengatakan banyaknya kasus fraktur yang terjadi dan dampaknya yang serius, maka haruslah dilakukan penanganan yang tepat, terutama karena tulang merupakan bagian dari tubuh manusia yang sangat penting sebagai penyokong tubuh.

"Kami melihat bahwa implantasi tulang merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi fraktur," jelas Alfia.

Berbekal dana hibah yang diberikan oleh Kemenristekdikti melalui program PKM tahun 2018, ketiga mahasiswa itu melakukan pengembangan ide proposal tersebut di Laboratorium Fisika Material, Fakultas Sains dan Teknologi. Menurut Alfia Fristiyanti, kunci utama keberhasilan implantasi tulang adalah penggunaan material yang tepat untuk penanganan kerusakan tulang.

“Material yang digunakan sebagai implan tulang harus memiliki beberapa karakteristik seperti tidak beracun, sifat mekanik yang sangat baik, biokompatibel, porositas tinggi dan tidak boleh menyebabkan penolakan di dalam tubuh pasien,” jelasnya.

Salah satu material yang sering digunakan sebagai implant tulang, lanjutnya, adalah SS316L dengan sifat mekanik yang kuat. Namun, material itu merupakan logam yang memiliki biokompatibilitas rendah yang dapat menimbulkan reaksi inflamasi di sekitar jaringan implant dan akan sangat berbahaya bagi tubuh.

"Oleh karena itu tim kami mencoba melapisi SS316L dengan material yang biokompatibel dengan tubuh yakni paduan hidroksiapatit-gelatin,” terang Alfia.

Menurut Alfia, kedua bahan pelapis tersebut dapat menutupi kekurangan pada implan tulang SS316L dikarenakan kombinasi kedua bahan ini memiliki biokompatibilitas yang sangat baik dan tahan korosi. Metode spray coating dipilih sebagai metode  pelapisan hidroksiapatit dalam pada logam SS 316L.

“Metode pelapisan ini kami pilih karena proses yang sederhana dan mempersingkat waktu, ditambah dengan biaya yang lebih murah dibandingkan metode lainnya," ungkapnya.

Pada akhir, Alfia mengatakan bahwa untuk memastikan kualitas material, maka dilakukan uji menggunakan studi in vitro yang menunjukkan beberapa kejadian molekuler dan seluler pada permukaan jaringan/implant.  

Dengan hasil berupa perbedaan dalam morfologi sel, differensiasi dan proliferasi sel akan menjadi penentu dari kecocokan material apabila digunakan sebagai implant tulang nantinya.

"Semua itu tentu dengan harapan material implan yang didapat memiliki sifat mekanik dan biologi yang baik untuk aplikasi implant tulang," tegas mahasiswa Teknik Biomedis Unair Surabaya itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES