Gaya Hidup

Bupati Ipong Muchlissoni Canangkan Ponorogo Bebas Sampah Plastik

Bupati Ipong Muchlissoni Canangkan Ponorogo Bebas Sampah Plastik Bupati Ipong Muchlissoni Canangkan Program Ponorogo Bebas Sampah Plastik. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
Kamis, 20 Juni 2019 - 14:57

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mencanangkan program semesta berencana Ponorogo bebas sampah plastik di halaman Taman Keanekaragaman Hayati Ponorogo,  Kamis (20/6/2019). 

Menurut Ipong, program ini merupakan implementasi menuju peraturan daerah tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai. Dia juga menjelaskan sebelum peraturan daerah dibuat, sementara pakai peraturan bupati dulu.

"Hal ini akan segera saya realisasikan, paling tidak perbup dulu, karena keberadaan sampah plastik sifatnya sudah urgen, karena menurut penelitian sampah plastik 50 tahun tetap menjadi sampah, tidak bisa musnah," ungkapnya. 

Dengan mengajak OPD yang akan menggandeng masyarakat, diharapkan Ponorogo bebas dari sampah plastik bisa terealisasi dan berkelanjutan.

"Ke depan jika regulasi tentang pembatasan sampah plastik dengan pengelolaan sampah dari tingkat rumah tangga sudah berjalan dengan baik, maka saya yakin Ponorogo akan bersih dan hijau," jelasnya.

Ipong juga menyampaikan, saat ini kategori sampah plastik termasuk kemasan dan botol plastik yang mendominasi. Sampah-sampah tersebut tentu datang dari berbagai penjuru dan berbagai merk.

"Ini pekerjaan tidak mudah, dan pihak pemerintah yang akan memulai pengurangan memakai plastik, yaitu dengan membawa tas belanja, botol air minum (tumbler) dan wadah makan sendiri saat beraktivitas sehari-hari," tegasnya. 

Pencanangan Ponorogo bebas sampah plastik tersebut disampaikan Bupati Ipong dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dalam peringatan tersebut Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo juga mengadakan berbagai kegiatan, di antaranya kemah hijau, penilaian adiwiyata ke beberapa sekolah. (*)

Jurnalis : M. Marhaban (MG-90)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Registration