Gaya Hidup

Mengantuk saat Bekerja? Yuk, Atasi dengan Langkah Ini

Mengantuk saat Bekerja? Yuk, Atasi dengan Langkah Ini ILUSTRASI - Cara menghilangkan Kantuk saat Bekerja. (FOTO: Hello Sehat)
Kamis, 20 Juni 2019 - 07:32

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kesibukan yang padat bisa membuat seseorang kurang tidur. Padahal, jam istirahat yang kurang bisa memicu rasa kantuk saat Anda bekerja dan berdampak pada produktivitas kerja. Untuk menghilangkan rasa mengantuk saat bekerja, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Tidur siang sejenak

Tidur siang sejenak menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk yang menyerang ketika jam kerja. Tidur siang bermanfaat membuat tubuh rileks dengan cepat dan lebih dalam. Anda dapat melakukannya sambil duduk, atau berbaring jika memungkinkan. Cobalah lakukan kegiatan ini pada pukul 2 siang.

Durasi tidur siang yang ideal adalah selama 15-20 menit. Kurang dari rentang tersebut, tubuh Anda tidak akan memperoleh manfaatnya. Sementara tidur siang selama lebih dari 20 menit malah dapat membuat Anda lesu dan mengantuk.

2. Bergerak

Bergerak adalah cara efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja sekaligus membuat tubuh Anda selalu bugar. Saat mengantuk, cobalah beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah mengitari lingkungan kantor selama 10 menit.

Berjalan kaki akan memicu jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Pasokan oksigen bermanfaat untuk menjaga otak tetap aktif dan waspada sehingga rasa kantuk pun menghilang.

3. Mengonsumsi camilan menyehatkan

Cara lain yang cukup efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja adalah dengan mengonsumsi camilan menyehatkan. Camilan yang disarankan antara lain yogurt, kacang-kacangan, buah-buahan, serta biskuit gandum.

4. Melakukan teknik pernapasan

Teknik pernapasan bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah. Semua hal ini akan meningkatkan energi dan performa bekerja Anda.

Rasa kantuk saat bekerja dapat memengaruhi konsentrasi, fokus, hingga produktivitas Anda. Tips di atas bisa membantu Anda menghalau rasa mengantuk saat bekerja. Meski demikian, cara paling efektif agar Anda tidak lagi mengantuk saat bekerja tetaplah dengan mencukupi kebutuhan istirahat pada malam hari. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

Komentar

Loading...
Registration