Peristiwa Daerah

Pilkades Serentak, Bupati Ngawi Instruksi ASN Netral

Rabu, 19 Juni 2019 - 20:22 | 223.28k
Bupati Ngawi Budi Sulistyono warning ASN bersikap netral saat pilkades serentak. (Foto: Ardian Febri TH/TIMESIndonesia)
Bupati Ngawi Budi Sulistyono warning ASN bersikap netral saat pilkades serentak. (Foto: Ardian Febri TH/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Pemilihan kepala desa Serentak (pilkades serentak) di Kabupaten Ngawi bakal digelar 29 Juni 2019. Bupati Ngawi Budi Sulistyono mewanti-wanti agar ASN bersikap netral selama pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Pilkades diikuti 178 desa dari 217 desa di Kabupaten Ngawi. Bupati berharap ASN yang terlibat dalam kepanitiaan pilkades wajib menjalankan tugas secara objektif dan sesuai aturan. Netralitas ASN di antaranya tidak terlibat mengarahkan warga untuk memilih pasangan calon dengan jabatannya.

“Tidak ada PNS yang berpihak pada salah satu calon. Ini tegas wajib dijalankan semua PNS Ngawi,” tegas Kanang sapaan akrab Bupati Ngawi, Rabu (19/6/2019).

Menurut Kanang, pilkades merupakan ajang pendidikan politik dan demokrasi di tingkat desa dan diharapkan bukan hanya seremonial mencari pengganti kades. Peserta pilkades diharapkan tidak menghalalkan segala cara hingga melanggar peraturan yang berlaku.

"Tujuan utama kita mengawal pilkades yang lebih berkualitas di Ngawi. Mari kita tunjukan pilkades yang bersih dan jurdil,” tegas Kanang.

Pilkades serentak di Ngawi diikuti 454 calon kepala desa. Total ada dengan 792 tempat pemungutan suara (TPS). Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sedikitnya 1.200 personel Polri, 100 personel Brimob, 350 personel TNI dan 2 ribu linmas dilibatkan untuk pengamanan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES