Peristiwa Daerah

Pembangunan Jebakan Pasir di Jalur Alternatif Klemuk di Depan Mata

Rabu, 19 Juni 2019 - 18:09 | 48.50k
Jalur Alternatif Klemuk yang akan dibangun jebakan pasir untuk menyelamatkan pengguna jalan yang kendaraannya mengalami rem blong. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Jalur Alternatif Klemuk yang akan dibangun jebakan pasir untuk menyelamatkan pengguna jalan yang kendaraannya mengalami rem blong. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Realisasi pembangunan jebakan pasir di jalur alternatif Klemuk, Songgoriti, Kota Batu sudah di depan mata.

DPUPR dan Dishub Kota Batu, Rabu (19/6/2019) bersama-sama Perhutani meninjau jalur alternatif yang menghubungkan Kota Batu dengan Kecamatan Pujon ini.

Dari kunjungan tersebut, direncanakan akan dibangun dua titik jebakan pasir di sisi kiri Jalur Alternatif Klemuk dari arah Pujon ke Songgoriti. Pembangunan jebakan pasir ini menjadi prioritas dan akan dikerjakan secepat mungkin.

"Untuk mengantisipasi kecelakaan di Jalur Klemuk yang curam kita buat jalur penyelamatan (jebakan pasir) guna mengantisipasi jatuhnya korban jiwa jika ada kendaraan yang remnya blong," kata Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, DPUPR, Munsif.

Pembangunan-Jebakan-Pasir-a.jpg

Hal senada dikemukakan oleh Kabid Bina Marga, DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat. "Kita tadi sudah menentukan titik lokasi rencana pembangunan jalur darurat penyelamatan kendaraan yang mengalami rem blong," kata Alfi.

Dari hasil survei bersama tersebut ada dua titik jalan darurat yang akan dibuat. Jalan darurat ini berbentuk bangunan kotak memanjang dengan kontur dibuat menanjak berundak dan berisi gundukan pasir atau ban bekas.

Jalan darurat ini memiliki luas kurang lebih 10 x 50 meter. "InsyaAllah dalam beberapa hari ke depan akan mulai kita laksanakan dengan mengawalinya dengan penataan tebing jalan," ujarnya.

Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan pembangunan permanen yang direncanakan menggunakan sumber dana dari Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (PAPBD) tahun 2019.

Ia berharap realisasi pembangunan jebakan pasir di jalur alternatif Klemuk, Songgoriti, Kota Batu bisa berjalan tanpa kendala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES