Peristiwa Daerah

Pembangunan Gedung Kremasi di Probolinggo Ditolak Warga, Ini Penjelasan Pemilik

Rabu, 19 Juni 2019 - 15:02 | 96.81k
Samuel (paling kanan), Ketua yayasan Budi Luhur sekaligus pemilik gedung yang diduga untuk kremasi yang ditolak warga Asembakor, Kecamatan Kraksaan, Kabupate Probolinggo.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Samuel (paling kanan), Ketua yayasan Budi Luhur sekaligus pemilik gedung yang diduga untuk kremasi yang ditolak warga Asembakor, Kecamatan Kraksaan, Kabupate Probolinggo.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Samuel, Ketua Yayasan Budi Luhur menjelaskan, pembangunan gedung miliknya yang ditolak warga Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, bukan untuk kremasi jenazah. Samuel menegaskan gedung itu bukan gedung kremasi jenazah.

“Gedung ini bukanlah untuk tempat kremasi jenazah,  melainkan sebagai rumah duka. Yaitu rumah duka atau persemayaman jenazah, dan ini diperuntukkan untuk Etnis Tionghoa, yang tidak memiliki rumah yang cukup untuk menumpang tamu apabila ada keluarganya yang meninggal,” jelas Samuel, Rabu (19/6/2019) saat ditemui di bangunan yang diduga untuk kremasi jenazah tersebut.

Geudng ini kata dia, dijadikan tempat untuk persemayaman sementara jenazah. Jenazah Etnis Tionghoa akan disemayamkan di gedung tersebut sekitar dua sampai empat hari, selanjutnya jenazah tersebut akan dimakamkan. "Dan ada pula yang akan dikremasi, jika hendak dikremasi akan dikirim ke tempat-tempat kremasi yang ada di Malang, Jember dan Bondowoso," ucapnya.

“Jadi sekali lagi saya sebagai Ketua Yayasan Budi Luhur sejaligus pemilik bangunan ini mengatakan, ini bukan gedung kremasi. Gedung yang saya dirikan di Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, ini sudah disetujui oleh sejumlah warga, mereka sudah menandatangani persetujuannya itu, izinnya bangunannya juga sudah lengkap,” tambah Samuel. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES