Peristiwa Daerah

KH Marzuki Mustamar: Jangan Gunakan Nama NU untuk Kepentingan Pribadi

Rabu, 19 Juni 2019 - 13:15 | 154.51k
Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar saat menyampaikan tausiyah dalam rangka halal bihalal PCNU kabupaten Malang. (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar saat menyampaikan tausiyah dalam rangka halal bihalal PCNU kabupaten Malang. (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar menegaskan kepada seluruh warga Nahdliyyin supaya tidak menggunakan nama NU untuk kepentingan pribadi.

Hal ini ditegaskan Pengasuh Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Kota Malang ini, saat mengisi tausiyah pada Halal Bihalal PCNU Kabupaten Malang dan peresmian gedung KH M Tolchah Hasan di Unira Malang, Rabu (19/6/2019)

"Jangan sekali-kali menggunakan nama NU untuk kepentingan pribadi. Contohnya seperti memakai NU untuk maju Pilkada, tapi saat terpilih yang bersangkutan lupa dengan NU," ujar KH Marzuki Mustamar di hadapan ribuan warga Nahdliyyin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sudah seharusnya warga Nahdliyyin untuk membesarkan NU. Termasuk juga semakin menghidupkan dan sekaligus mensejahterakan warga NU.

"Seharusnya gunakan harta pribadi kalian untuk kepentingan dan membesarkan NU,jangan untuk memperkaya diri," tegasnya. Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan makna Halal Bihalal dan Hari Raya Idul Fitri.

"Idul Fitri adalah kembali ke fitrah, yaitu menjadi diri sendiri," tuturnya. Menurutnya, untuk menjadi Islam, tidak perlu berubah menjadi orang Arab.

"Yang penting menguasai ilmu serta agama Islam dan Alquran. Seperti para kyai dari Pondok Pesantren Lirboyo dan kyai Jawa pada umumnya, meski menguasai Ilmu Agama dan Bahasa Arab tetap menjadi diri sendiri," papar gamblang

"Para kiai tetap menjadi diri sendiri dan berbahasa Jawa, meski bisa Bahasa Arab dan memiliki ilmu agama yang tinggi. Artinya, jadilah diri sendiri sesuai tuntunan Islam," imbuhnya.

Tausiah halal bihalal yang disampaikan KH Marzuki Mustamar berlangsung dengam penuh canda karena banyak disisipi joke . 

Selain itu, unsur Forkopimda Kabupaten Malang, pengurus PCNU Kabupaten Malang dan Banom NU juga hadir dan menyaksikan ceramah agama yang disampaikan KH Marzuki Mustamar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES