Peristiwa - Daerah

Dr Aqua Dwipayana: Letjen TNI Doni Monardo Tepat Jadi Role Model Komunikasi di BNPB

Dr Aqua Dwipayana: Letjen TNI Doni Monardo Tepat Jadi Role Model Komunikasi di BNPB Aqua Dwipayana memberi ceramah komunikasi di depan karyawan BNPB di Bogor. (FOTO: TIMES Indonesia Network)
Rabu, 19 Juni 2019 - 07:55

TIMESINDONESIA, BOGOR – Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menilai, semua keteladanan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo sangat tepat jadi role model termasuk di bidang komunikasi.

Aqua Dwipayana menyampaikan hal tersebut di depan 60 orang calon aparatur sipil negara (ASN) BNPB pada Selasa, 18 Juni 2019, di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BNPB di Sentul, Kabupaten Bogor.

Aqua yang membawakan materi berjudul Memperkuat Kemampuan Komunikasi untuk Mengoptimalkan Kinerja Tim menyampaikan berbagai kelebihan Doni di bidang komunikasi sehingga sangat tepat jadi role model.

Pengalaman Aqua selama ini saat berinteraksi dengan Doni selalu merasakan bahwa jenderal yang sangat rendah hati tersebut selalu menghargai semua lawan bicaranya tanpa melihat latar belakangnya. Kemudian memberikan tanggapan yang sesuai.

Aqua-Dwipayana2.jpg

"Pak Doni selalu menyimak yang disampaikan orang yang berbicara dengan beliau. Itu adalah salah satu kelebihan Pak Doni dan bentuk penghargaan kepada orang tersebut" ungkap Aqua yang telah lama berteman akrab dengan Doni.

Meskipun jabatannya sebagai pimpinan di institusi besar dengan pangkat jenderal, lanjut Aqua, namun Doni selalu menerima berbagai masukan yang disampaikan kepada dirinya. Jika dianggap baik akan dilaksanakan secara optimal.

"Pak Doni melaksanakannya sesuai dengan perintah agama. Segala sesuatu serahkan pada ahlinya. Jika tidak tunggulah kehancurannya. Karena saya mendalami komunikasi sehingga kami sering mendiskusikan tentang itu. Beliau menyimak semua yang saya sampaikan dan menerima berbagai masukan dari saya serta melaksanakannya," jelas Aqua.

Sebaliknya Aqua yang telah mendalami komunikasi selama puluhan tahun baik formal hingga program doktoral maupun informal, sering belajar komunikasi pada Doni. Dia selalu memperhatikan Bapak tiga anak itu saat berkomunikasi dengan orang lain baik individu maupun dalam jumlah banyak atau kelompok.

"Pak Doni tidak pernah kuliah di jurusan atau fakultas Ilmu Komunikasi, namun kemampuan komunikasi beliau dahsyat dan luar biasa. Itu bisa terjadi karena setiap beliau berkomunikasi selalu hati-hati dan menjaga perasaan orang bicara sama beliau," kata mantan wartawan harian Jawa Pos dan Bisnis Indonesia ini.

Aqua-Dwipayana3.jpg

Selain menjadikan Doni sebagai role model, Aqua menyarankan ke semua pegawai BNPB agar saling belajar komunikasi di internal institusi tersebut. Perbaikan dan peningkatan  komunikasi di internal sangat penting dan perlu menjadi prioritas.

Berdasarkan pengalaman Aqua yang telah memberikan motivasi di depan ratusan ribu orang di seluruh Indonesia dan puluhan negara, jika komunikasi internalnya bagus, maka komunikasi eksternalnya baik. Untuk itu agar diupayakan keduanya dilakukan secara bersamaan dan komprehensif.

Komunikasi di Urutan Pertama Kunci Sukses Seseorang

Mengutip salah satu hasil penelitian internasional yang dilaksanakan pada 2002 tentang kunci sukses seseorang dalam hidupnya, Aqua menjelaskan dari 20 hal yang diteliti menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi yang bagus berada di urutan pertama. Integritas menempati ranking kedua dan kerjasama tim peringkat ketiga. Sementara indeks pretasi ternyata menempati urutan ke-17. 

Intinya kecerdasan sosial menjadi hal utama. Mereka yang memahami ini secara komprehensif dan konsisten melaksanakannya diyakini bakal sukses dalam menjalani hidupnya termasuk saat meniti karir di tempatnya bekerja.

Kepada semua peserta Aqua mengingatkan agar bersyukur jadi karyawan BNPB karena telah mengalahkan sekitar 12 ribu orang yang ikut melamar. Kesempatan emas ini agar jangan disia-siakan. Optimalkan kemampuan masing-masing dan tunjukkan prestasi terbaik.

"Anda semua adalah orang pilihan dan yang terbaik. Untuk itu tunjukkan prestasi masing-masing setelah resmi jadi karyawan," tantang Aqua.

Kepala Pusdiklat BNPB Agus Wibowo yang membuka acara tersebut. Dalam sambutannya dia meminta semua peserta agar menyimak seluruh yang disampaikan Aqua sebab pelajaran komunikasi sangat penting sebagai modal untuk sukses jadi pegawai BNPB.

"Pak Aqua ini selain sebagai motivator juga  pakar Komunikasi. Beliau selama ini sudah bicara di banyak tempat termasuk di puluhan negara. Ilmu dan pengalamannya banyak sekali. Juga teman-temannya di mana-mana. Serap ilmu dan pengalaman beliau. Tanyakan hal-hal yang tidak diketahui terkait dengan kepakarannya," ungkap Agus.

Seluruh peserta sangat antusias. Banyak yang mengajukan pertanyaan namun tidak semua dapat diakomodir karena waktunya terbatas. Aqua mempersilakan mereka bertanya lewat WA atau sarana komunikasi lainnya.

Menurut Dr Aqua Dwipayana menilai, semua keteladanan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo sangat tepat jadi role model termasuk di bidang lomunikasi. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bandung

Komentar

Registration