Kesehatan

Catat! Ini Penyebab Bibir Kering yang Perlu Diwaspadai

Rabu, 19 Juni 2019 - 06:29 | 269.08k
Ilustrasi. (foto: Istimewa)
Ilustrasi. (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bibir yang kering bisa saja mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak percaya diri. Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Apa saja penyebab bibir kering?

1. Paparan matahari

Kulit bibir pada dasarnya tipis dan halus, sehingga udara dingin yang kering dan paparan sinar matahari dapat dengan mudah menjadi penyebab bibir kering. Cara yang mudah melembapkannya dengan melapisi bibir dengan lip balm untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

2. Cuaca

Tingkat kelembapan udara cenderung menurun saat suhu dingin. Udara kering menyebabkan kulit tidak lembap, itulah sebabnya kenapa bibir kering dan pecah-pecah selama musim dingin.

2. Menjilat bibir

Menjilat bibir ternyata menjadi salah satu penyebab bibir kering juga, lho. Bahan kimia yang sama dalam air liur, akan menggerogoti kulit bibir jika menjilati bibir secara berlebihan.

3. Dehidrasi

Banyak orang yang tidak minum cukup air karena berbagai kodisi. Anda mungkin juga tidak makan cukup sayuran dan buah segar, yang tinggi cairan dan serat. Untuk mengatasinya, minumlah banyak cairan (mineral), namun tidak meminum alkohol dan minuman keras, karena dapat memperparah dehidrasi.

4. Bernapas dengan mulut

Manusia dirancang untuk bernapas melalui hidung. Tidur dengan mulut terbuka lebar tidak hanya akan menyebabkan ngiler, namun kebiasaan ini hanya akan menyebabkan bibir kering.

5. Tidak cukup lemak sehat dalam diet

Tubuh menghasilkan sebum, pelumas alami, dari asam lemak. Lemak cukup baik untuk tubuh sebagai pelumas kulit. Solusinya adalah jangan takut gemuk!

Bila ingin menghindari penyebab bibir kering, nikmatilah makanan sehat yang menggunakan minyak kelapa berkualitas tinggi dan minyak zaitun, kenari, asam lemak MCT, mentega dan lemak padat nutrisi lainnya.

6. Kekurangan nutrisi dan vitamin

Kekurangan vitamin seperti rendahnya kadar zat besi, seng, dan vitamin B bisa menjadi alasan kenapa bibir kering dan pecah-pecah. Coba sesuaikan pola makan Anda, misalnya, konsumsi daging merah, kacang kering, sayuran berdaun gelap untuk zat besi dan tiram, daging sapi, bayam, biji labu untuk seng.

Sementara folat (B9) sebagian besar berasal dari sumber tanaman seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. B6 berasal dari kacang, unggas, ikan dan beberapa buah-buahan dan sayuran. B12 banyak ditemukan dalam produk hewani seperti daging, ikan, unggas, telur dan susu.

7. Reaksi terhadap produk bibir atau pasta gigi

Beberapa pasta gigi dan produk untuk bibir mungkin mengandung bahan yang menyebabkan reaksi alergi ringan pada individu yang sensitif. Hindari menggunakan plumper, dan cobalah pembersih gigi alami seperti Xylawhite atau pasta gigi yang mengandung ekstrak daun Mimba.

Sementara lip balm yang mengandung mentol, mint atau jeruk bisa menyebabkan masalah pada bibir. Chapstick dan lip balm lainnya dengan terlalu banyak lilin tertinggal di permukaan bibir dan tidak banyak membantu melembutkan dan menyembuhkan.

8. Makanan yang mengiritasi

Jeruk dan makanan asam lainnya, makanan asin, makanan pedas dan makanan yang sangat kasar atau kering dapat menjadi penyebab bibir kering dan teriritasi. Makanlah dengan hati-hati, hindari area bibir, atau tidak makan makanan yang menyebabkan masalah saat bibir pecah-pecah dan terkelupas. (*)

sumber: Dokter Sehat

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES