Kesehatan

Berkeringat saat Flu Pertanda Cepat Sembuh?

Rabu, 19 Juni 2019 - 05:12 | 257.79k
Ilustrasi. (foto: obatdarahtinggiqnc.web.id)
Ilustrasi. (foto: obatdarahtinggiqnc.web.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat terserang flu, tak jarang orang yang membungkus tubuhnya dengan selimut agar hangat dan berkeringat. Selain itu, ada juga yang ke sauna. Benarkah berkeringat saat flu bisa membuat kondisi tubuh terasa lebih baik?

Dilansir dari Womenshealthmag.com, ada alasan kuat mengapa berkeringat dapat membuat tubuh lebih baik saat terserang flu, yakni adanya faktor pelepasan hormon endorfin.

Menurut Leeja Carter, Ph.D., Asisten Profesor Psikologi Olahraga di Long Island University, Brooklyn, Amerika Serikat, hal tersebut sebenarnya mirip ketika Anda berolahraga saat stres. Ketika melampiaskan rasa stres dengan dengan berolahraga, banyak endorfin yang terlepas dari tubuh, sehingga timbul perasaan bahagia.

Nah, begitu pula saat Anda sakit. Ketika membungkus diri dengan selimut tebal atau pergi ke sauna lalu berkeringat, Anda akan banjir endorfin, sehingga meningkatkan suasana hati Anda.

Uap lembap dan hangat di ruang sauna pun bisa melegakan sumbatan hidung dan membuat Anda merasa lebih baik. Sayangnya, seorang Spesialis Penyakit Menular dari Cleveland Clinic Children’s di Ohio, Frank Esper MD, mengatakan bahwa efek lebih baik tersebut hanya bersifat sementara.

“Begitu Anda melangkah keluar dari ruang sauna, sekresi yang disebabkan oleh virus akan mulai menumpuk lagi.” jelasnya kepada Womenshealthmag.com.

Keluarnya keringat saat flu memang bisa bikin tubuh terasa lebih baik. Meski demikian kondisi ini ternyata bukan berarti Anda benar-benar sembuh. Pasalnya, sebuah tinjauan dalam Cochrane Database of Systematic Reviews mengamati enam penelitian yang melibatkan penderita flu.

Dan hasil yang didapat adalah, menghirup uap panas tidak memiliki manfaat dalam membunuh virus, meski hal tersebut bisa membuat tubuh lebih nyaman.

Saat Anda mengalami sakit flu, suhu tubuh akan lebih tinggi (demam). Nah, apabila Anda berkeringat saat flu, suhu tubuh akan menurun. Sehingga ketika keringat menguap dari kulit, tubuh akan menjadi lebih dingin. Atau dengan kata lain, keringat dapat melindungi Anda dari kepanasan, heatstroke, dan demam yang sangat tinggi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES