Peristiwa - Daerah

Warga Desa Sumber Canting Bondowoso Swadaya Bangun Plengsengan Jalan

Warga Desa Sumber Canting Bondowoso Swadaya Bangun Plengsengan Jalan Warga Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin Bondowoso saat gotong-royong membangun plengsengan jalan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Selasa, 18 Juni 2019 - 19:48

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Warga dusun Penjalinan Timur RT 18 dan RT 03 RW 9 Desa Sumber Canting, Kecamatan Wringin Bondowoso, secara swadaya membangun plengsengan jalan.

Segala bahan yang dibutuhkan, diperoleh melalui iuran warga, yang masing-masing Rp 10.000. Sebagian ada pula yang menyumbang semen dan pasir. Bahkan proses konstruksi dikerjakan gotong-royong.

Kepala Dusun Penjelin Timur, Mashuriyanto mengatakan, pembangunan plengsengan jalan segaja dilakukan dengan swadaya, karena memang kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan.

Bangun-Plengsengan-Jalan-2.jpg

“Khawatir, ini jalan sudah mau amblas. Takutnya pas ada mobil melintas jadi terguling. Takut juga amblas menimpa rumah seorang warga, Pak Rahmah,” katanya di tengah-tengah proses pembangunan, Jumat (15/6/2019) lalu.

Menurutnya, selama ini pihaknya telah berusaha untuk mengusulkan pembangunan ke Pemerintah Desa. Hanya saja belum bisa lolos di Musrenbang. “Sudah empat kali saya usulkan, tapi memang belum ada program katanya,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua RW 08, Nur Hasan, bahwa jalan yang diperbaiki itu menjadi salah satu akses yang paling sering digunakan oleh masyarakat sekitar. Pasalnya medan di jalan yang lain lebih berat.

“Ia medannya berat, kalau lewat sana itu, untuk yang muat tembakau, batu otomatis dari sini. Begitu dari sini, kondisi medannya dari sini. Tapi kondisi sekitar jalan yang ambles ini, sekitar lima bulanan dari sekarang, kondisinya parah ambles,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumber Canteng, Nurhasanah, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sedang menunggu kabar rencana pembangunan plengsengan. Karena memang sebelumnya, kata dia, masyarakat di dusun Penjelinan Timur meminta untuk diberikan bantuan.

Namun demikian, pihaknya mengaku tidak medapatkan pemberitahuan sama sekali. “Sebelum pelaksanaan dari RT-nya kan laporan, pas hari raya tiga hari itu saya ke sana silaturahim. RT-nya bilang ada tarikan dana yang punya sepeda. Ya saya bilang ndak papa, kalau keburu monggo,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (18/6/2019).

Dia mengaku, bahwa pihaknya meminta diberi tahu saat pelaksanaan, untuk menyumbang semennya. Ternyata setelah pelaksanaan tidak ada laporan.

Terkait dengan usulan di Musrenbang, pihaknya mengaku bahwa yang diusulkan pada Musrenbang itu bukanlah lokasi tersebut.

Menurutnya, pada tahun 2019 ini sebenarnya ada dua titik di wilayah dusun itu yang akan dilakukan pembangunan, dan dianggarkan di Dana Desa 2019 ini. “Yang diusulkan yang sebelah timur itu, yang tebing yang tinggi, sudah dibangun itu. Sekarang yang di sana rusak, mintanya sekarang juga,” jelasnya.

Desa Sumber Canting, merupakan salah satu desa di Wringin Bondowoso, kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Situbondo. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration