Peristiwa - Daerah

Diskominfo DIY Intensif Sosialisasikan Medsos Positif

Diskominfo DIY Intensif Sosialisasikan Medsos Positif Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto saat Sosialisasi Diseminasi Konten Positif di aula Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta, Selasa (18/5/2019). (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)
Selasa, 18 Juni 2019 - 19:34

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Maraknya konten negatif di laman media sosial (medsos) membuat Pemda DIY prihatin. Untuk mengatasi masalah tersebut, Dinas Komunikasi dan Informasi DIY (Diskominfo DIY) menggelar Sosialisasi Diseminasi Konten Positif. Acara tersebut digelar di aula Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta, Selasa (18/5/2019).

“Tujuan sosialiasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pemanfaatan media sosial media (medsos) serta memahami penggunaan internet secara positif untuk meningkatkan kapasitas pribadi dan masyarakat,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo DIY, Rakhmat Sutopo.

Dalam sosialiasi ini, para pemateri menyampaikan tentang tata cara dan aturan terkait dunia maya dan medsos yang sehat dan bermanfaat. Hal itu sesuai UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Masyarakat harus paham dan bijak bermedia sosial. Termasuk jangan ikut menyebarkan informasi palsu atau hoaks,” tambah Sutopo.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengingatkan kepada pengguna medsos agar berhati-hati ketika menulis status dan berkomentar di dunia maya. Sebab, komentar di jejaring internet dapat berubah menjadi petaka bila ada pihak tertentu yang merasa dirugikan atas komentar tersebut.

“Sehebat-hebatnya teknologi, yang paling penting adalah mental kita harus baik. Hati-hati dan jangan termakan informasi hoaks. Karena itu, jari ini harus punya budi pekerti. Yang terpenting lagi, pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi harus dengan nalar,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Karena itu, Eko mendukung penuh langkah Diskominfo DIY yang aktif menyosialisasikan bermedsos positif kepada masyarakat.

“Apa yang dilakukan Diskominfo DIY perlu didukung agar masyarakat paham dan mengerti bagaimana menggunakan medsos yang baik dan membuat konten positif di media sosial,” terang Eko Suwanto. (*)

Jurnalis : Dwijo Suyono
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Loading...
Registration