Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Hebat, Mahasiswa ITNY Kembangkan Sistem Tempat Sampah Cerdas Smart Detector Littering

Hebat, Mahasiswa ITNY Kembangkan Sistem Tempat Sampah Cerdas Smart Detector Littering Tiga mahasiswa ITNY inovator teknologi sistem tempat sampah cerdas Smart Detector Littering. (FOTO: Ridayati/ AJP TIMES Indonesia)
Selasa, 18 Juni 2019 - 18:37

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Kebiasaan membuang sampah sembarangan masih terlihat di tengah masyarakat terutama di kota-kota besar di tanah air. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut mahasiswa ITNY (Institut Teknologi Nasional Yogyakarta) mengembangkan sistem tempat sampah cerdas atau Smart Detector Littering.

Alat ini dirancang untuk mendeteksi orang yang membuang sampah sembarangan, jenis sampah, dan volume sampah. Smart detector littering ini dikembangkan oleh tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Teknik Elektro ITNY.

Mereka adalah Dedy Ariyanto sebagai ketua tim dengan anggotanya yaitu Yusuf Ari Bahtiar dan Muhammad Taufik. Mereka dibimbing oleh Trie Handayani S.T., M.Kom yang merupakan dosen Program Studi Teknik Elektro ITNY.

mahasiswa-ITNY-2.jpg

Dedy Ariyanto mengatakan, inovasi teknologi yang diciptakan ini untuk membentuk mindset cinta lingkungan. Smart detector littering ini dirancang untuk dioperasikan menggunakan micro-controller.

“Sehingga, mampu mendeteksi jenis dan volume sampah serta orang yang membuang sampah sembarangan secara real-time,” kata Ketua Tim, Dedy Ariyanto, Selasa (18/6/2019).

mahasiswa-ITNY-3.jpg

Selain support pendanaan melalui PKM Kemenristekdikti, pengembangan Smart Detector Littering ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pihak Kampus ITNY.

Wakil Rektor III ITNY, Dr Hill Gendoet Hartono, S.T., M.T., mengatakan, pihaknya mendukung sarana prasarana serta pendampingan terhadap karya inovatif mahasiswa yaitu Smart Detector Littering.

“Inovasi mahasiswa ITNY Sistem Tempat Sampah Cerdas Smart Detector Littering ini sebagai bukti nyata bahwa civitas akademika ITNY mampu berkontribusi terhadap perkembangan teknologi di Indonesia,” terang Dr Hill Gendoet Hartono. (*)

Jurnalis : Ridayati (CR-137)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration