Peristiwa - Daerah

Pemkot Batam Kukuhkan Diri Sebagai Travel Hub

Pemkot Batam Kukuhkan Diri Sebagai Travel Hub Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata (FOTO: Ali Mahmud/TIMES Indonesia)
Selasa, 18 Juni 2019 - 18:25

TIMESINDONESIA, BATAM – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mengukuhkan diri sebagai perantara wisata (travel hub) bagi daerah lain di Indonesia. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan pihaknya sudah membantu untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bagansiapiapi, Riau, beberapa waktu lalu.

“Kemarin ada dari Dinas Pariwisata Bagansiapiapi minta kita promosikan acara Bakar Tongkangnya. Kita sampaikan ke travel agent. Alhamdulillah dapat, tiga wisman Perancis,” kata Ardi, Selasa (18/6/2019).

Ardi mengatakan, tiga wisman asal negara Eiffel ini datang melalui Singapura. Dan masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang.

Mereka lalu dihantarkan ke pelabuhan domestik untuk melanjutkan perjalanan ke Riau. Kehadiran wisman di Kabupaten Rokan Hilir ini juga disambut langsung oleh otoritas pemerintah setempat.

Ardi menjelaskan Batam sebagai travel hub ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Namun baru kali ini Disbudpar mengambil peran dalam ikut mempromosikan agenda wisata daerah lain. Bahkan sampai mendatangkan wisman.

“Sekarang kita mulai mengukuhkan diri sebagai travel hub. Indonesia itu memiliki banyak acara kebudayaan yang menarik bagi warga asing. Jadi kita ajak daerah lain, ayo promosikan event pariwisatanya lewat Batam,” ungkap dia.

Mantan Kepala Bagian Humas Setdako Batam ini mengatakan Batam sangat cocok dikembangkan sebagai travel hub Indonesia karena memiliki banyak pilihan pintu masuk internasional. Selain itu akses ke daerah lain di Indonesia juga sangat baik. Bisa melalui jalur laut maupun udara. (*)

Jurnalis : Ali Mahmud
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Batam

Komentar

Loading...
Registration