Indonesia Positif

BBPP Batu Capai Target LTT PAJALE Banyumas

Selasa, 18 Juni 2019 - 09:40 | 55.12k
Rapat Koordinasi UPSUS PAJALE, di pimpim langsung oleh Bapak Dr. Suwandi, Direktorat Jenderal Hortikultura,Kementerian Republik Indonesia
Rapat Koordinasi UPSUS PAJALE, di pimpim langsung oleh Bapak Dr. Suwandi, Direktorat Jenderal Hortikultura,Kementerian Republik Indonesia

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Komitmen Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Peternakan atau BBPP Batu dalam pendampingan UPSUS PAJALE di Kabupaten Banyumas, mendukung ketahanan pangan terus aktif melakukan terobosan dan menjalin sinergi lintas sektoral baik di tingkat pusat maupaun dinas instansi di Daerah.

Dalam rapat koordinasi UPSUS PAJALE Propinsi Jawa Tengah, Kamis (13/06/2019), Penanggung Jawab (PJ) UPSUS Peopinsi Jawa Tengah, Dr. Suwandi menyatakan bahwa untuk mendukung target tanam pada Bulan Mei 2019, maka sasaran yang di tetapkan adalah 148.431 Ha dan telah terealisasi 186.068 Ha atau mencapai 125%, yang mencakup 35 Kabupaten se- Jawa Tengah. Realisasi Luas Tambah Tanam (LTT) Kabupaten Banyumas seluas 10.316 Ha dari target 9.800 Ha atau 105 % dan Kabupaten Banjarnegara seluas 4.048 Ha dari target 5.189 Ha atau 78%.

PAJALE-2.jpg

Dalam rapat tersebut di sampaikan bahwa realisasi LTT  pada Juni 2018 adalah 83.938 Ha, selanjutnya prediksi LTT pada pada Juni 2019 adalah 87.552 Ha, dari realisasi sampai dengan tanggal 13 Juni 2019 sebesar 21.863 Ha. Sehingga selama tujuh belas hari kedepan kita harus mendorong LTT  Pada Bulan Juni 2019, sebesar 65.689 Ha.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Ka. Balai BBPP sebagai PJ UPSUS menyampaikan bahwa breakdown target LTT Kabupaten Banyumas adalah 4.912 Ha, sedangkan Banjarnegara 3.000 Ha. Target tersebut tentunya harus kita capai dengan upaya upaya percepatan mengingat pada Bulan Juni  adalah masa kritis, hujan mulai jarang, cekungan dan debit sungai mulai menurun tandasnya.

Sementara itu menurut Ir. Suryo Banendro, M.P, sebagai Kepala Dinas Pertanian  Propinsi Jawa Tengah menyampaiakan bahwa selain upaya mencapai target LTT sangat penting pula berupaya untuk meningkatkan provitas produksi padi jagung dan kedelai. Upaya upaya tersebut bisa dilaksanakan dengan mengoptimalkan pengairan dari irigasi teknis, terutama sistem pengairan berselang atau pengairan intermitten, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Sedangkan Dirjen Horti untuk meningkatkan produksi dan LTT perlu dukungan penuh dari upaya upaya real Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Pertanian, untuk memotivasi, mengedukasi, koordinasi dan melakukan terobosan mendukung suksesnya UPSUS PAJALE(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES