Peristiwa Daerah

Keren! Seniman Banyuwangi ini Bakal Tampil di Negeri Anime

Selasa, 18 Juni 2019 - 14:45 | 87.01k
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas bertemu dua seniman yang akan tampil di Jepang. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas bertemu dua seniman yang akan tampil di Jepang. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIHaidi Bing Slamet dan Andori, dua orang seniman Banyuwangi ini bakal mengukir karya di negeri Anime, Jepang. Mereka akan berkolaborasi dengan beberapa seniman Indonesia dan Jepang dalam film bisu berjudul 'Setan Jawa' karya Garin Nugroho.

Keduanya merupakan seniman otodidak yang bakal tampil di Tokyo pada 2 Juli 2019 mendatang. Rencananya, mereka bakal mengiringi film bisu yang diiringi live musik yang dipadukan dengan 6 seniman musik asal Jepang.

Film bisu Setan Jawa ini sudah tampil dua kali, di Jakarta dan Melbourne, Australia. Sedangkan di Jepang sendiri, ini merupakan kali ketiga penampilan dengan formula baru, yang merupakan hasil perkawinan seni budaya dua negara ini.

Bupati-Anas-dan-Seniman-Banyuwangi-a.jpg

Haidi bakal memainkan alat musik kendang, klu cing, rebana dan klutuk. Sementara Andori, bakal memainkan angklung, rebana dan suling. Keduanya akan diboyong ke negeri sakura tersebut pada tanggal 22 Juni ini bersama dengan 8 orang seniman lain asal Indonesia.

"Seminggu latihan, kemudian tampil dua kali tanggal 2 Juli, siang dan malam," kata Haidi Bing Slamet, Selasa (18/6/2019).

Seniman tersebut mengaku, diundang oleh Okamura and company Inc (OCI) yang mengundang Garin Nugroho untuk menampilkan karya film bisunya. Namun untuk seniman yang dibawa ke Jepang, mereka mempercayakan kepada kurator dan aransemen Yasuhiro Morinaga.

Menurut penuturan Haidi, Yasuhiro Morinaga saat datang langsung ke Banyuwangi mengaku takjub dengan penampilannya. Seniman Jepang itu merasa terheran, karena dengan belajar otodidak saja, mereka dinilai bisa bermain kolaborasi.

"Saat manggung di Banyuwangi, dirinya langsung terpukau dan sepakat untuk mengajak kami tampil di Jepang," katanya.

Penampilan kedua seniman asal Banyuwangi ini diapresiasi oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Sebelum mereka berangkat, orang nomer satu di Banyuwangi ini mengajak keduanya untuk bertatap muka.

"Tentu, kebanggaan bagi kami jika seniman Banyuwangi memiliki prestasi. Apalagi tampil di Jepang bareng sama mas Garin Nugroho," kata Bupati Anas.

Dirinya mengaku, Pemkab Banyuwangi selalu mempedulikan perkembangan seni dan budaya Bumi Blambangan. Selain itu, pelaku seni pun diberikan kesempatan seluas - luasnya untuk tampil di setiap ajang dan festival yang digelar Pemkab Banyuwangi.

Sontak, Bupati Banyuwangi tersebut langsung memberikan kabar kepada rekan-rekannya yang berada di Negeri Anime, Jepang. Karena Bupati Abdullah Azwar Anas merasa sangat bangga dengan dua seniman Banyuwangi itu, Haidi Bing Slamet dan Andori. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES