Peristiwa Nasional Info Haji 2019

Fasilitas Terbaik di Hotel Makkah Menanti Jemaah Haji Indonesia

Selasa, 18 Juni 2019 - 13:42 | 62.52k
Ilustrasi jemaah haji Indonesia di Makkah (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Ilustrasi jemaah haji Indonesia di Makkah (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2019

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mulai musim ini, jemaah haji Indonesia akan mendapatkan peningkatan kualitas pelayanan, terutama saat berada di Makkah. Pemerintah sudah menyiapkan beberapa fasilitas dan layanan yang lebih baik bagi jemaah haji.

Disampaikan oleh Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, salah satu layanan yang tersedia di hotel atau penginapan Makkah adalah penyediaan air minum. Hal itu karena selama ini kebanyakan jemaah berpikiran air minum ini melekat dengan pelayanan katering.

"Jadi hanya diperoleh pada saat diberikan bersama makanan saja. Padahal tidak, karena tiap hotel harus menyediakan air minum, dan ini terlepas dari fasilitas yang ada pada layanan katering. Jadi jemaah berhak meminta kepada pihak hotel kalau itu tidak tersedia," tegasnya.

Menurutnya, berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan, tiap jemaah berhak memperoleh satu liter air minum per jemaah per hari selama berada di penginapan Makkah. Pihak penginapan juga diminta menyediakan air zamzam yang ditempatkan pada dispenser.

Selain itu, jemaah juga berhak mendapatkan fasilitas lain seperti handuk serta perlengkapan mandi. Layanan lain yang belum banyak diketahui jemaah juga adalah ganti seprai. "Padahal ada tiga lembar seprai beserta sarung bantal yang tersedia bagi jemaah. Tinggal komunikasikan saja kepada pihak pengelola," jelas Sri Ilham.

Khusus selama di Makkah, di hotel juga disediakan mesin cuci yang dapat dipergunakan oleh jemaah haji Indonesia. Tak hanya itu, pihak hotel juga berkewajiban menyediakan petugas kebersihan dan keamanan selama 24 jam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES