Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Mahasiswa FEB Unair Surabaya Raih Prestasi Wow di Zhejiang University Cina

Mahasiswa FEB Unair Surabaya Raih Prestasi Wow di Zhejiang University Cina Noca (tengah) ketika mengunjungi Alibaba Group. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Selasa, 18 Juni 2019 - 08:55

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Noca Dea Larastika atau Noca, mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) Unair Surabaya berhasil meraih award sebagai Best Presenting Group di Zhejiang University (ZJU), China.

Penghargaan tersebut diraih dalam program STEP Asian Undergraduate Summit (AUS) 2019, Minggu-Sabtu (2-8/6/2019) lalu.

Pada kesempatan itu, Noca dan tim yang terdiri dari dia, dua mahasiswa Thailand, satu mahasiswa Kamboja dan tiga mahasiswa China, mempresentasikan ide mereka mengenai sustainable city. Yaitu terfokus pada bagaimana untuk hidup secara sustainable dengan menggunakan energi yang mudah diperbarui hingga desain sawah yang bisa digunakan untuk  berternak ikan dan kepiting, mengadaptasi persawahan yang ada di Hangzhou.

“Hal ini merupakan suatu challenge bagi semua partisipan untuk beradaptasi dengan anggota grup yang mana academic background dan nationality setiap anggota berbeda-beda,” ucap Noca.

Motivasi Noca untuk mengikuti kegiatan tersebut berasal dari ketertarikannya terhadap tema, yaitu sustainable city. Terlebih dirinya yang berasal dari Surabaya, ibu kota Indonesia yang berhasil meraih berbagai penghargaan tingkat nasional hingga internasional.

Mahasiswa-FEB-Uniair-Surabaya2.jpg

Dengan mengikuti program tersebut, Noca ingin mempelajari bagaimana kota-kota di China dapat berkembang dengan pesat. Baik disisi teknologi, transportasi, pengolahan sumber daya, ekonimi, pariwisata dan berbagai aspek lainnya.

Pengalaman yang paling berkesan bagi Noca adalah ketika dia berkesempatan untuk mengunjungi perusahaan terbesar di China, Alibaba. Selain kagum pada berbagai anak perusahaan yang masuk dalam Alibaba Group, Noca juga mengagumi kinerja karyawan dan budaya lingkungan kerja disana.

“Bagi saya, keputusan untuk mengikuti summit ini dengan tanpa keraguan adalah tonggak sejarah dalam kemajuan belajar saya, selama dan bahkan setelah saya menyelesaikan studi sarjana saya,” ungkap Noca.

Tidak berhenti di Cina, Noca dari FEB Unair Surabaya  juga akan mengikuti summit di National University of Singapore (NUS). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari program yang sama akan berlangsung selama sepekan (14-21/7/2019). (*)

Jurnalis :
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration